Lima Tahun ke Depan Tak Boleh Kurang Dokter

Kualitas Pendidikan dan Kesehatan Terus Ditingkatkan

SAMARINDA-Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengatakan, Pemprov Kaltim mendapatkan kado ulang tahun Provinsi ke-57 dari RSUD AW Sjahranie yang mendapat peningkatan predikat dari Kementerian Kesehatan yang sebelumnya type B menjadi Type A.
"Dengan predikat itu, tentunya satu janji saya kepada masyarakat lima tahun lalu saat kampanye untuk meningkatkan pelayanan kesehatan sudah terpenuhi,"   kata Awang Faroek pada malam resepsi HUT Provinsi Kaltim ke-57 di Gedung Serba Guna Komplek Stadion Utama Kaltim Palaran Samarinda, Kamis pekan lalu.
Dengan predikat itu lanjut Awang, menjadi tanggung jawab Kepala Dinas Kesehatan Kaltim dr Hj Rini Retno Sukesi maupun Direktur RSUD AW Sjahranie Rachim Dinata agar pelayanan di rumah sakit itu bisa diberikan lebih baik lagi. Begitu juga para dokter umum maupun spesialis dan para medis juga harus mendukung.
"Saya minta para dokter spesialis agar lebih berdedikasi memberikan pelayanan kepada masyarakat. Begitu juga Puskresmas 24 jam juga tidak boleh kekurangan dokter, target kita lima tahun ke depan Kaltim tidak boleh kekurangan dokter baik umum maupun spesialis," tegasnya.
Begitu juga Fakultas Kedokteran Unmul juga harus maju dan memberi kesempatan kepada putra-putri Kaltim untuk kuliah.
Menurut Awang, masalah pendidikan dan kesehatan merupakan hal yang sangat penting sehingga harus benar-benar dituntaskan. Kualitas pendidikan para guru maupun dosen dan tingkat kesejahteraannya pun harus ditingkatkan.
"Kesejahteraan para guru dan dosen harus lebih baik dibanding daerah lain," tekad Awang.
Sedangkan program beasiswa juga terus terus ditingkatkan. Jika pada 2013 lalu beasiswa diberikan kepada 30 ribu penerima, maka pada 2014 ini Pemprov Kaltim  akan memberikan beasiswa kepada 50 ribu penerima program SI, S2 dan S3, termasuk program baru untuk pengiriman mahasiswa ke Rusia guna belajar ilmu perkereta apian.
"Semua universitas baik negeri maupun swasta maupun Politeknik yang ada di Kaltim harus maju, begitu juga sekolah dasar hingga SLTA juga harus maju begitu juga sekolah kejuruan akan dibangun lebih banyak," ujarnya.
Disebutkan, pada periode kedua kepemimpinannya bersama Wagub HM Mukmin Fiasyal banyak program yang akan dimaksimalkan. Monitoring dan evaluasi akan dioptimalkan demi memastikan pelaksanaan program pembangunan berjalan sesuai target. (sar/hmsprov).


 

Berita Terkait