Lingkungan Bersih, Lahirkan Generasi Sehat dan Berkualitas

Deklarasi Peduli Sampah 2020 Se-Kalimantan

 

BALIKPAPAN – Wagub Kaltim HM Mukmin Faisyal mengaku sangat optimis Deklarasi Peduli Sampah 2020 Se-Kalimantan yang dilaksanakan di tempat pembuangan akhir Manggar, Balikpapan akan membantu menyadarkan masyarakat untuk lebih peduli terhadap pengelolaan sampah yang lebih baik.

            Dia berharap agar deklarasi ini akan melahirkan kesadaran yang lebih luas dari masyarakat Kaltim, bukan hanya warga Balikpapan untuk mengelola sampah di lingkungan masing-masing secara lebih baik.

            “Kita harus optimis program ini akan diterima oleh masyarakat, karena program ini memang ditujukan untuk membentuk lingkungan yang bersih hingga melahirkan generasi-generasi yang sehat, berkualitas dan memiliki daya saing,” kata Mukmin Faisyal usai Deklarasi Peduli Sampah 2020 Se-Kalimantan, Rabu (20/8).

            Meski saat ini hanya Kota Balikpapan yang nampak sangat serius untuk membangun lingkungan masyarakat yang bersih,     Mukmin sangat yakin bahwa daerah lain pun saat ini sedang mengusahakan gerakan yang sama.

            Namun demikian, program pemerintah yang baik, lanjutnya, tidak akan berjalan baik jika masyarakat tidak memberikan dukungan besar untuk sukses program tersebut.

            “Kita tidak akan berhenti sebatas deklarasi hari ini. Justru kita harus bersama-sama untuk terus membantu menyadarkan masyarakat agar mengelola sampah di lingkungan masing-masing secara tepat dan benar,” imbuh Mukmin.

            Sementara itu, Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya yang juga hadir pada deklarasi tersebut menegaskan, bahwa era globalisasi yang sudah di depan mata, akan melahirkan peta persaingan yang sangat ketat. Daya saingitu akan sangat bergantung pada kualitas sumber daya manusia SDM.

“Sedangkan  SDM berkualitas akan sangat bergantung pada faktor lingkungan yang sehat  dan bersih. Sebab itulah, maka deklarasi ini menjadi sangat penting,” tegas menteri asal Papua tersebut.

Di tengah peresmian Kebun Raya Balikpapan, Gubernur Awang Faroek Ishak juga tidak ketinggalan menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada pemerintah Kota Balikpapan yang secara serius menggagas deklarasi bersih ini. Menurut dia, Deklarasi Peduli Sampah 2020 se-Kalimantan di Balikpapan ini akan menjadi momentum kuat untuk bersama-sama menjaga lingkungan.

Balikpapan lanjut Awang Faroek, patut menjadi contoh bagi daerah lain khususnya dalam hal kebersihan kota. Prestasi ini harus dipertahankan, diteruskan dan dipertahankan.

“Selamat dan apresiasi kepada Pak Walikota dan warga Balikpapan. Teruslah membudayakan kepedulian terhadap sampah. Teruskan cita-cita menjadikan Balikpapan sebagai kota yang bersih dan sehat serta menjadi kebanggaan kita bersama,” puji Awang. (sul/es/hmsprov)

///FOTO : Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya (empat dari kanan) dan Wagub Kaltim HM Mukmin Faisyal (tiga dari kanan) bersama sejumlah Kepala Daerah Kab/Kota usai penandatangan Deklarasi Peduli Sampah se Kalimantan.(fajar/humasprov)

 

Berita Terkait
Government Public Relation