Litbang Berperan Dukung Perencanaan Pembangunan

SAMARINDA- Penelitian dan Pengembangan (Litbang) yang dilakukan para peneliti di daerah ke depan jangan dipandang sebelah mata. Karena, Litbang berperan mendukung kualitas perencanaan pembangunan yang dilakukan Pemerintah Daerah.
Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kaltim Hj Halda Arsyad menilai lembaga Litbang yang berada di daerah diharapkan dapat produktif dan proaktif.
“Karena itu, lembaga litbang berperan dalam menjawab tantangan dan problema pembangunan ke depan. Contohnya paradigma aksi reaksi. Hal ini dikarenakan tidak adanya kajian dan penelitian yang dilakukan, tetapi kebijakannya terus dilaksanakan, sehingga tiba-tiba terjadi masalah dikemudian hari. Sebab, kebijakan itu tidak didasari oleh kajian dan penelitian,” kata Hj Halda Arsyad usai pembukaan Rakor Kelitbangan se- Kota Samarinda 2013 di Kantor Balaikota Samarinda, Kamis (4/4).
Melihat kondisi tersebut, maka peran Pemimpin Daerah sangat penting dalam menjadikan Lembaga Litbang sebagai garda terdepan, guna mendukung perencanaan program pembangunan di daerah.
Contoh penelitian yang kini dilakukan Balitbangda Kaltim terhadap penanganan kebakaran dan banjir serta longsor di Samarinda, yakni yang dilakukan melalui fhoto satelit di Kelurahan Teluk Lerong Ilir, ternyata ada 27,56 hektar kawasan yang rawan bencana tersebut.
“Mengapa dikatakan rawan bencana. Karena ada beberapa titik yang berpotensi terjadi longsor, yakni di daerah perumahan yang di dekat tebing-tebing gunung. Kemudian, ada selokan-selokan yang tidak mengalir, sehingga akan mengakibatkan banjir ketika volume hujan tinggi dan masih banyak jalan yang sempit, sehingga ketika ada kebakaran akan menyulitkan proses pemadaman. Dari penelitian tersebut, telah kami sampaikan ke Pemkot Samarinda, agar ditindaklanjuti dan Bapak Walikota sangat merespon baik,” jelasnya.
Menurut dia, Pemprov Kaltim melalui Balitbangda Kaltim siap memberikan masukan kepada Pemerintah Kabupaten dan Kota jika memang dibutuhkan. Sebab, penelitian dan pengembangan selalu dilakukan Pemprov Kaltim untuk merencanakan suatu pembangunan bagi masyarakat.
Apalagi, Pemkot Samarinda sudah memiliki SKPD Kelitbangan, sehingga wajar jika Litbang di kota ini dapat memberikan solusi dalam perencanaan program pembangunan.(jay/hmsprov)
 

Berita Terkait
Government Public Relation