Lokakarya Pengembangan Proklim Unsur Swasta di Kaltim, Mari Komitmen Jaga Lingkungan

Wagub Hadi Mulyadi memberi arahan pada Lokakarya Pengembangan Proklim. (yuvita/humasprov kaltim)

SAMARINDA - Komitmen menjaga lingkungan merupakan hal utama yang harus dimiliki masyarakat. Karena, tanpa menjaga lingkungan, hidup tentu tidak seimbang, tak harmonis dan akan merasakan kerusakan di muka bumi ini.  

Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim H Hadi Mulyadi mengatakan, agama apa pun, negara mana pun, harus memiliki komitmen menjaga lingkungan hidup. Begitu juga masyarakat Kaltim, khususnya pemerintah daerah wajib memiliki komitmen menjaga lingkungan hidup itu.

"Karena itu, Dinas Lingkungan Hidup wajib hukumnya ada di setiap daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota. Dengan tujuan, agar bisa mengendalikan pemerintahan untuk bersama-sama masyarakat menjaga lingkungan dengan baik," kata Hadi Mulyadi saat membuka Lokakarya Pengembangan Program Kampung Iklim (Proklim) untuk sektor swasta di Kaltim yang digelar Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kaltim di Hotel Midtown Samarinda, Rabu (21/11/2018).

Hadi menambahkan melalui lokakarya ini diharapkan ke depan Kaltim selalu eksis dalam menjaga lingkungan hidup, khususnya pelestarian hutan. Hadi menjelaskan, mewujudkan Proklim bukanlah pekerjaan yang sederhana. Perlu adanya kerja sama antara lembaga dan instansi pemerintahan. 

DLH Kaltim maupun DLH Kabupaten/Kota tentu tidak bisa bekerja sendiri dalam mewujudkan Proklim di daerah. Karena itu, diperlukan adanya koordinasi yang baik dan intensif. "Memastikan baik tidaknya lingkungan hidup di daerah ini jangan hanya berdasar angka-angka, tetapi mari lihat dan turun ke lapangan, sehingga bisa mengetahui apakah benar lingkungan hidup di daerah ini sudah baik atau tidak," tegasnya.

Kehadiran Proklim diharapkan bukan membuat setiap instansi terkait puas. Tetapi, bagaimana membuat masyarakat merasa nyaman dengan lingkungan hidup di sekitar mereka.

Menuju sukses program ini, Wagub Hadi menegaskan pentingnya kerja keras, ikhlas dan mencintai pekerjaan tersebut, sehingga apa yang dilaksanakan dapat diwujudkan dengan hati gembira. "Yang jelas, mengurus lingkungan hidup tidak mudah. Mari bersama-sama berkomitmen menjaga lingkungan. Caranya bersama-sama bekerja, sesuai dengan kemampuan bidang masing-masing dan berusaha mencintai pekerjaan tersebut," ajak Hadi. 

Di tempat yang sama, Kepala DLH Kaltim Nursigit menjelaskan lokakarya ini bertujuan menyatukan persepsi agar setiap daerah dapat melaksanakan program tersebut, terutama dengan adanya unsur dari sektor swasta.

"Makanya, pelaksanaan ini diikuti peserta dari berbagai perusahaan di Kaltim. Semoga, melalui lokakarya ini masing-masing perusahaan turut mendukung pemerintah mewujudkan Proklim di masing-masing daerah," harapnya.  

Hadir dalam kesempatan tersebut, Senior Manager Governance and Partnership The Nature Conservancy (TNC) Kaltim Niel Makinuddin dan Anggota Dewan Daerah Perubahan Iklim (DDPI) Kaltim Suyitno.(jay/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation