Lomba Bercerita Tingkatkan Minat Baca

SAMARINDA – Dalam upaya meningktkan kegemaran dan minat baca anak-anak sejak dini, Badan Perpustakaan Kaltim menggelar Lomba Bercerita bagi siswa sekolah dasar (SD) dan sederajatnya untuk tingkat provinsi.
“Gubernur Awang Faroek Ishak telah mencanangkan Kaltim sebagai Provinsi Gemar Membaca, sebagai upaya untuk membudayakan kegemaran dan minat membaca sejak dini maka perlu dilaksanakan lomba bercerita bagi siswa SD/MI se-Kaltim,” kata Kepala Badan Perpustakaan Kaltim Hj Sri Sulasmi Retno Wijayanti didampingi Kepala Bidang Pengembangan dan Pembinaan Sumindar, Kamis (18/7).
Menurut dia, melalui membaca buku maka anak-anak tersebut akan memiliki kemampuan untuk bercerita. Sebab, sebelum bercerita maka mereka terlebih dulu membiasakan diri untuk membaca buku-buku tentang cerita tentang kehidupan dan kebudayaan bangsa.
Sehingga, lomba bercerita ini sebagai media untuk menumbuhkan kegemaran membaca melalui berbagai bacaan dan media serta menanamkan kecintaan terhadap budaya nusantara dan masyarakat, persatuan dan kesatuan.
Diutamakan cerita daerah/lokal atau budaya rakyat di Kaltim, sehingga anak-anak tersebut tidak kehilangan jati dirinya. Misalnya, cerita tentang sejarah/kehidupan rakyat pada jaman kerajaan Kutai dan suku Dayak maupun kerajaan-kerajaan di kabupaten/kota di Kaltim.
 “Lomba tahun ini merupakan yang kesepuluh kalinya dan diikuti juara pertama dari tujuh kabupaten/kota. juara pertama tingkat provinsi akan mewakili Kaltim pada tingkat nasional di Jakarta,” jelasnya.(yans/hmsprov).

Foto: Seorang siswi peserta Lomba Bercerita yang diselenggarakan Badan Perpustakaan Provinsi Kaltim.(masdiansyah/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait
Government Public Relation