Lomba Desa dan Kelurahan Berprestasi Tingkat Kaltim Dimulai

SAMARINDA - Lomba desa dan kelurahan berprestasi tingkat provinsi  segera dimulai. Pendaftaran, dibuka sejak 13-22 Mei 2013. Lomba ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menilai perkembangan pembangunan yang berlangsung di desa dan kelurahan di masing-masing kabupaten dan kota di Kaltim.
“Melalui lomba ini Pemprov Kaltim akan mengetahui perkembangan pembangunan yang dilakukan masing-masing desa dan kelurahan, terutama terhadap usaha pemerintah desa dan kelurahan. Misalnya dukungan untuk kegiatan pendidikan anak usia dini dan Posyandu,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM-PD) Kaltim M Jauhar Efendi ketika dikonfirmasi di Samarinda, Minggu (12/5).
Peserta lomba ini juga termasuk desa dan kelurahan yang saat ini sudah menjadi bagian dari Provinsi Kaltara. 14 desa dan kelurahan yang akan bersaing merupakan para pemenang  di tingkat kabupaten dan kota di Kaltim.  
“Indikator penilaiannya adalah pendidikan, kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, pemerintahan, lembaga kemasyarakatan dan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga,” jelasnya.   
Guna menyukseskan perlombaan tersebut, diharapkan bupati dan walikota dapat memberikan pembinaan dan pengawasan secara teknis. Dukungan bupati dan walikota sangat diperlukan untuk menumbuhkan motivasi pemerintah desa dan kelurahan demi prestasi yang lebih tinggi.  
Kepala Bidang Ketahanan dan Sosial Budaya Masyarakat BPM-PD Kaltim Musa Ibrahim mengatakan, tim penilai perlombaan desa dan kelurahan tingkat provinsi anggotanya terdiri dari unsur perangkat Pemerintah Provinsi, terutama BPM-PD Kaltim dan tim Penggerak PKK Provinsi.
“Tim ini ditetapkan dengan keputusan gubernur. Begitu juga dengan penetapan juaranya, ditetapkan dengan keputusan gubernur,” jelasnya.
Peserta yang lolos pengumuman tingkat provinsi akan disampaikan pada 24 Mei 2013 di Kantor BPM-PD Kaltim Samarinda. Kemudian pencabutan undian untuk presentasi lomba desa dan kelurahan dilaksanakan pada 27 Mei 2013, sementara pelaksanaan presentasi dimulai sejak 27 hingga 31 Mei 2013. Presentasi peserta disampaikan maksimal tiga peserta setiap hari hingga 31 Mei 2013.
Pemenang lomba ini akan mewakili Kaltim untuk mengikuti lomba desa tingkat nasional. Selain lomba desa, pelaksanaan tersebut juga bersamaan dengan penilaian lomba Kepala Desa dan Lurah berprestasi tingkat Provinsi Kaltim dan akan diumumkan  17 Juni 2013 mendatang.  (jay/hmsprov).

/////Foto : M Jauhar Efendi
 

Berita Terkait