Lomba Desa / Kampung dan Kelurahan se Kaltim Mulai Digelar

SAMARINDA - Lomba Desa atau Kampung dan Kelurahan (Lomdeskel) tingkat Provinsi Kaltim siap digelar. Pelaksanaan dimulai dengan penerimaan berkas administrasi dan video visualisasi pada 17-19 Juni 2019.

Berkas administrasi dan video visualisasi selanjutnya dinilai oleh tim dan diumumkan pada 24 Juni untuk ditetapkan desa/kampung dan kelurahan yang masuk tiga besar atau tahap kedua lomba.

Pemprov Kaltim melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) telah mulai melaksanakan tahapan lomba diawali penerimaan berkas dan video visualisasi perwakilan kabupaten dan kota se-Kaltim.

"Ini rangkaian tahap pertama. Berupa seleksi administrasi. Kelengkapan administrasi perlombaan menjadi syarat wajib lomba," kata Kepala DPMPD Kaltim HM Jauhar Efendi, di Kantor DPMPD Kaltim, Selasa (18/6/2019).

Berkas yang dinilai diantaranya data berupa evaluasi tingkat perkembangan desa/kampung dan kelurahan tahun 2017 dan 2018, profil desa/kampung dan kelurahan serta instrumen pengungkap data dan nilai perkembangan desa/kampung dan kelurahan.

Diungkapkan Jauhar, sebelum penyerahan berkas dan video visualisasi, DPMPD sudah mengedarkan Surat Gubernur Kaltim terkait informasi pelaksanaan Lomdeskel 2019 kepada bupati dan walikota se-Kaltim. Intinya surat tersebut mengajak kabupaten dan kota berpartisipasi mengikuti Lomdeskel 2019 dengan mengirim perwakilan yang terbaik di tingkat daerah.

Tahapan selanjutnya, peserta yang sudah ditetapkan masuk tiga besar akan mengikuti pemaparan atau presentasi pada 2 Juli 2019 untuk desa/kampung, sedangkan kelurahan pada 3 Juli. "Ketentuannya, kepala desa/kampung dan lurah bertindak sebagai presenter (pemapar) dan tidak boleh diwakilkan. Hanya boleh didampingi DPMPD atau OPD yang membidangi urusan penyelenggaraan perlombaan," jelasnya.

Peserta juga diwajibkan menghadirkan unsur camat, Ketua TP-PKK desa/kampung dan kelurahan, Ketua LPM, Ketua BPD dan perwakilan CSR. "Terakhir atau tahap keempat berupa pengumuman juara. Rencananya dilaksanakan 8 Juli kedepan," jelasnya.

Pemenang lomba akan menerima penghargaan pada puncak peringatan HUT Pemprov Kaltim pada 9 Januari 2020. Bersamaan dengan penyerahan berbagai penghargaan lomba tingkat Provinsi Kaltim lingkup perangkat daerah lain se Kaltim. (jay/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait