Lomba Desa se-Kaltim Masuk Babak 6 Besar

Lomba Desa se-Kaltim Masuk Babak 6 Besar

SAMARINDA - Lomba desa, kampung dan kelurahan serta penilaian kepala desa, lurah dan kampung berprestasi se-Kaltim tahun ini sudah memasuki babak enam besar. Penilaian kegiatan ini sudah dimulai 8-16 September 2015.

Enam besar terpilih, terdiri dari tiga desa dan kampung dan tiga kelurahan, yakni tingkat desa dan kampung Desa Babulu Darat, Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Desa Loa Janan Ulu, Kecamatan Loa Janan, Kutai Kartanegara dan Desa Suatang, Kecamatan Paser Balengkong, Kabupaten Paser. Tingkat kelurahan, Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Sungai Kunjang, Samarinda, Kelurahan Margo Mulyo, Kecamatan Balikpapan Barat, Balikpapan dan Kelurahan Bontang Kuala, Kecamatan Bontang Utara, Bontang.

“Sesuai hasil penilaian presentasi peserta tingkat provinsi, terpilih enam besar desa, kampung dan kelurahan. Penilaian klarifikasi lapangan rencana akan dilaksanakan sejak 8-16 September 2015. Ketika tim penilai berkunjung ke masing-masing desa dan kelurahan, disarankan tidak mengadakan penyambutan dengan acara-acara seremoni,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM-PD) Kaltim HM Jauhar Efendi dikonfirmasi di Samarinda, Kamis (3/9).

Rencana klarifikasi lapangan tersebut dimulai dari Balikpapan, Paser, PPU, Kutai Kartanegara, Samarinda dan Bontang. Jauhar mengatakan melalui lomba ini Pemprov Kaltim akan mengetahui perkembangan pembangunan yang dilakukan masing-masing desa dan kelurahan, terutama terhadap usaha pemerintah desa dan kelurahan. Misalnya dukungan untuk kegiatan pendidikan anak usia dini dan Posyandu.

Indikator penilaiannya adalah mengenai pendidikan, kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, pemerintahan, lembaga kemasyarakatan dan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.  

“Pemenang lomba ini akan mewakili Kaltim untuk mengikuti tingkat nasional,” jelasnya. (jay/sul/adv)

Berita Terkait
Government Public Relation