LOMBA KARYA TULIS JURNALISTIK, KARYA FOTOGRAFI JURNALISTIK DAN DESAIN GRAFIS (DIPERPANJANG)


LOMBA KARYA TULIS JURNALISTIK, KARYA FOTOGRAFI JURNALISTIK DAN DESAIN GRAFIS BIRO HUMAS

SETDA PROV. KALTIM

A. TEMA

Tema lomba Karya Tulis Jurnalistik, Karya Fotografi Jurnalistik dan Desain Grafis yaitu,Pembangunan Kalimantan Timur Berkelanjutan menuju Kaltim Maju 2030”

 

B.    RUANG LINGKUP KARYA JURNALISTIK,  FOTOGRAFI DAN DESAIN GRAFIS

Kebijakan pembangunan Provinsi Kalimantan Timur dengan mewujudkan Visi Kaltim 2030 yakni,“Pertumbuhan Kaltim Hijau yang Berkeadilan dan Berkelanjutan”merupakan kebijakan transformasi ekonomi dengan senantiasa  mengedepankan pengembangan sektor ekonomi unggulan berbasis SDA terbarukan. Meskipun tetap mengelola SDA tak terbarukan, namun lebih fokus pada produk hilirnya guna menjamin keberlanjutan pertumbuhan ekonomi bagi generasi mendatang. Kaltim yang maju berbasis agrobisnis ramah lingkungan dan teknologi moderen serta kesejahteraan masyarakat yang harmonis juga humanis merupakan grand desain Kaltim maju 2030.

 

Pemprov senantiasa mengembangkan SDA terbarukan seperti sektor pertanian dalam arti luas, kepariwisataan, pembangunan Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) Maloy, pembangunan rel kereta api, pembangunan pelabuhan baru dan pengembangan kapasitas pelabuhan Kawasan Ekonomi Khusus, pembangunan sejumlah pembangkit listrik, jalan tol Balikpapan-Samarinda, Jembatan Pulau Balang, Bandara Sepinggan, Bandara Samarinda Baru (BSB) hingga tiga bandara di kawasan perbatasan, merupakan bagian dari tahapan pencapaian menuju Visi Kaltim 2030.  

 

C.    KETENTUAN PESERTA

1. Terbuka bagi setiap Warga Negara Indonesia, Lulusan SMA/SMK sederajat dan Mahasiswa S1, diutamakan mengerti multimedia.

2. Peserta wajib menggunakan nama asli sesuai dengan identitas resmi (KTP/SIM/Paspor).

3. Peserta wajib mencantumkan nomor HP/telepon yang mudah dihubungi.

4. Peserta hanya boleh mengirimkan 1 karya terbaik. 

5. Dengan mengirimkan karya jurnalistik untuk mengikuti lomba ini berarti peserta dianggap tunduk kepada seluruh ketentuan dan peraturan yang dibuat oleh panitia.

6. Masing-masing lomba akan dinilai oleh juri yang berkompeten dibidangnya.

7. Keputusan dewan juri  mutlak tidak dapat diganggu gugat dan tidak melayani korespondensi atau surat menyurat

Kategori Lomba :

·     Karya Tulis Jurnalistik

·     Karya Fotografi Jurnalistik

·     Karya Desain Grafis

Teknis Lomba Karya Tulis Jurnalistik

1.  Peserta melampirkan scan tanda pengenal (KTP), dan Nomor HP yang bisa dihubungi

2.  Merupakan karya asli, bukan saduran, bukan terjemahan, atau rangkuman.

3.  Karya Jurnalistik ditulis maksimal 3 halaman huruf times new roman 12 spasi 1,5

4.  Karya tulis jurnalistik yang dilombakan dapat berbentuk berita ( straight news) dan diperkenankan dilengkapi data, tabel, gambar grafik, yang berhubungan dengan tema lomba di atas,  termasuk terlebih dahulu melengkapi dengan wawancara (sides atau pihak yang berkompeten).

5.  Karya Jurnalistik bisa pula dalam bentuk depth reporting, atau laporan reportase yang membahas suatu masalah aktual, menarik, penting dan layak untuk diketahui yang ditulis secara komprehensif, mendalam dan tuntas, berdasarkan hasil wawancara dengan sejumlah narasumber, observasi serta bahan-bahan referensi tertulis lainnya.

6.  Ruang lingkup tulisan adalah tentang keberhasilan Pembangunan Kalimantan Timur sebagaimana uraian pada ruang lingkup point B di atas.

7.  Karya lomba yang akan diikutsertakan harus sudah diterima oleh panitia tanggal 14 September 2017.

8.  Karya lomba yang dikirimkan berupa file soft copy dalam format file Microsoft Office Word dengan format penulisan Nama_Judul Karya.

9.  Materi Lomba dapat dikirimkan melalui alamat email :   lombahumaspemprov@gmail.com

10. Hadiah bagi masing-masing pemenang, Juara 1 Rp. 2.500.000,- Juara 2  Rp. 2.000.000,- dan Juara 3 Rp. 1.500.000.- dan diperkenankan magang di Biro Humas Setda Prov. Kaltim selama 3 (tiga) bulan.

Teknis Lomba Foto Jurnalistik

1. Setiap peserta mengirimkan 1 (satu) foto  terbaiknya dan belum pernah dipublikasikan di media cetak maupun  media online.

2. Foto dicetak dengan kertas foto ukuran A4.

3. Wajib menuliskan judul foto, lokasi dan waktu pemotretan, nama, alamat dan nomor telepon pada selembar kertas yang ditempelkan pada bagian belakang foto.

4. Karya foto yang diserahkan dalam lomba ini diambil pada periode 11 Agustus sampai dengan 14 September 2017,  dengan  diantar langsung ke Biro Humas Setda Prov. Kaltim dengan format penulisan Nama_Judul Foto

5. Foto merupakan karya asli, tidak direkayasa dan belum pernah meraih penghargaan apapun dan karya foto bukan merupakan hasil manipulasi digital.

6. Panitia tidak bertanggung jawab atas segala bentuk klaim kepemilikan dari pihak lain (hal ini terkait dengan model dan properti release, apabila dalam karya foto yang diikutsertakan dalam lomba ini terdapat subject manusia dan property milik pihak lain).

7. Karya yang sudah dikirimkan menjadi hak milik panitia dan tidak akan dikembalikan. Biro Humas Setda Prov. Kaltim  berhak menggunakan foto-foto peserta sebagai bagian dari publikasinya (non komersil).

8. Hadiah bagi masing-masing pemenang, Juara 1 Rp. 2.500.000,- Juara 2  Rp. 2.000.000,- dan Juara 3 Rp. 1.500.000.- dan diperkenankan magang di Biro Humas Setda Prov. Kaltim selama 3 (tiga) bulan.

Teknis Lomba Desain Grafis

1. Desain dapat berbentuk  Poster, Banner, Karikatur, dan lain sebagainya sesuai imajinasi peserta, asalkan sesuai dengan tema.

2. Software yang digunakan tidak di batasi.

3. Desain Poster belum pernah dipublikasikan sebelumnya.

4. Desain dapat  dikumpulkan kepada panitia dan diantar langsung ke Biro Humas Setda Prov Kaltim dalam bentuk kertas poster digital printing berukuran A3 dan softcopy dalam format .JPG

5. Setiap hasil karya desain grafis diberi judul serta keterangan singkat dan makna karya/konsep poster.

6. Hadiah bagi masing-masing pemenang, Juara 1 Rp. 2.500.000,- Juara 2  Rp. 2.000.000,- dan Juara 3 Rp. 1.500.000.- dan diperkenankan magang di Biro Humas Setda Prov. Kaltim selama 3 (tiga) bulan.

1.      Sekretariat Lomba Karya :

      Kantor Gubernur Kaltim, Biro Humas Setda Prov. Kaltim Jalan Gajah Mada Lantai 3, Subbag Publikasi.

2.      Contac Person :

 Agus : 08115819192

Ridwan : 082188794304

Fathur : 085849280769

 

Berita Terkait
Data Masih Kosong
Data Masih Kosong
Government Public Relation