Kalimantan Timur
Lomba LKD tingkat provinsi

Badan Arsip Daerah Kaltim Juara II Nasional

SAMARINDA- Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI)  memberikan anugerah kepada unit kearsipan seperti Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) terbaik serta arsiparis teladan tingkat nasional pada 17 Agustus 2015.

Untuk pemilihan LKD terbaik 2015,  dibagi berdasarkan wilayah binaan daerah yang dilaksanakan ANRI, yaitu wilayah binaan I meliputi Indonesia bagian Tengah dan Timur dan wilayah binaan II meliputi Indonesia bagian Barat.

Berdasarkan hasil seleksi administrasi dan telah dilakukan verifikasi lapangan, dari wilayah I (Tengah dan Timur) sebanyak 5 provinsi (terdiri dari: Kalbar, Kaltim, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah ).  Dan setelah  dilakukan penilaian  akhirnya  ditentukan  pemenang unit kearsipan LKD terbaik  tingkat nasional tahun 2015, yaitu Provinsi Sulsel berhasil meraih juara I,  juara II Kaltim, juara III  Kalbar, juara harapan I Sulteng dan harapan II Provinsi NTB.

Kepala Badan Arsip Daerah  Provinsi Kaltim Drs Mariansyah mengatakan,  capain  prestasi dengan merebut  predikat juara II LKD terbaik tingkat nasional 2015, ini merupakan suatu anugrah yang sangat luar biasa, pasalnya Badan Arsip Daerah Kaltim tahun ini baru pertama kali mengikuti lomba LKD yang digelar oleh ANRI.

"Alhamdulillah, kita sangat bersyukur, karena Badan Arsip Daerah Kaltim  bisa meraih juara II LKD terbaik tingkat nasional," kata Mariansyah.

Ditambahkan, prestasi yang capai tentunya merupakan hasil kerja keras semua yang terlibat dalam pelaksanaan lomba, sehingga Badan Arsip Daerah Kaltim berhasil meraih juara II di tingkat nasional.

"Oleh karena itu, capain prestasi yang raih bisa menjadi motivasi untuk bisa lebih bekerja keras, dan memperbaiki kelemaman yang ada, sehingga pada lomba yang sama pada tahun-tahun mendatang kita bisa meraih prestasi yang lebih tinggi,"kata Mariansyah.

Menurutnya, tahun depan Badan Arisp Daerah akan tetap mengikuti lomba LKD secara nasional,  untuk itu sangat berharap agar BAD Kaltim bisa memperoleh predikat juara I, dalam mengikuti lomba LKD tingkat nasional ditahun-tahun mendatang. 

Untuk 2015 ini, Provinsi Kaltim mengirimkan Badan Arsip Daerah untuk mengikuti lomba LKD tingkat nasional, serta mengirimkan dua orang arsiparis yaitu arsiparis terampil dari kota bontang,  untuk tingkat ahli diwakili dari badan arsip daerah Kaltim. Walaupun demikian kedua wakil Kaltim tersebut belum bisa merebut predikat juara dalam lomba arsiparisn tingkat nasional.

"Oleh karena itu, kepada arsiparis terampil maupun arsiparis tingkat ahli, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota untuk melakukan evaluasi, khususnya memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada, sehingga lomba yang akan datang bisa meraih prestasi,"kata Mariansyah.(mar/adv)   

////FOTO : Para penerima anugrah Kearsipan.(ist)

Berita Terkait