Lomba Senam Poco-Poco se-Kaltim

SAMARINDA–Pemprov Kaltim sejak lama telah mencanangkan kegiatan “Memasyarakatkan Olahraga dan Mengolahragakan Masyarakat”. Hal itu merupakan bagian dari upaya Pemprov untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui pembinaan fisik dan mental, khususnya melalui olahraga yang teratur.   


Demikian dikatakan Gubernur Kaltim Dr H Awang FaroeK Ishak, dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Asisten Kesejahteraan Rakyat Setda Prov Kaltim, H Sutarnyoto, pada pembukaan Lomba Senam Poco-Poco se-Kaltim, di Aula Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim, Komplek Stadion Madya Sempaja Samarinda, Sabtu (23/2).


“Lomba senam poco-poco ini sangat relevan dengan upaya pemerintah dalam program peningkatan kualitas SDM. Apabila olahraga ini dapat dimasyarakatkan secara luas, maka dijamin kebugaran masyarakat akan terwujud dan pada akhirnya kesehatan masyarakat menjadi kenyataan,” katanya.


Lomba senam poco-poco, menurut dia, perlu terus diadakan, dikembangkan dan dilaksanakan secara berkesinambungan, serta menjadi bagian dari kegiatan masyarakat. Terwujudnya masyarakat yang sehat, lanjut dia, akan menurunkan kesakitan masyarakat, sehingga akan menjadi insan yang produktif dan berdaya guna yang dapat disumbangkan untuk masyarakat, bangsa dan negara.


“Melalui senam poco-poco yang murah meriah ini, mari kita masyarakatkan olahraga untuk mencapai kesehatan tubuh yang prima dan menjadi modal dasar atau investasi yang dapat digunakan secara maksimal,” harapnya.


Sementara itu, Kepala Dispora Kaltim, H Sigit Muryono, melaporkan Lomba Senam Poco-Poco se Kaltim 2013 merupakan rangkaian terakhir dari kegiatan Peringatan HUT ke-56 Provinsi Kaltim yang dilaksanakan oleh Dispora. Sebelumnya, lanjut dia, Dispora telah melakukan sejumlah kegiatan untuk memeriahkan HUT Provinsi ke-56.


“Minggu lalu kita sukses melaksanakan agenda rutin tahunan Lomba Lari Gubernur Kaltim 10K 2013. Kita juga sudah menyelenggarakan lomba olahraga tradisional seperti behempas dan tarik tambang yang diikuti oleh SKPD lingkup Pemprov. Semua kegiatan tersebut digelar untuk memeriahkan HUT Provinsi Kaltim ke-56,” katanya.


Lomba Senam Poco-Poco se Kaltim 2013 diikuti 19 kelompok peserta yang terbagi atas dua kategori perlombaan yakni umum (8 peserta) dan SKPD se Kaltim (11 peserta).  Untuk kategori umum, keluar sebagai juara I adalah Marcel Studio Samarinda, juara II (SS Medina Samarinda), juara III (BPD Kaltim Samarinda), juara harapan I (Afif Studio Samarinda), juara harapan II (SS Voni Kutai Timur), juara harapan III (Persani Balikpapan) dan juara harapan IV (PDAM Samarinda).


Sedangkan untuk kategori SKPD, juara I adalah IKK Pemkot Samarinda, juara II (Dispora Kaltim), juara III (PemkabBulungan), juara harapan I (Disnak Kaltim), juara harapan II (Diskomifo Kaltim), juara harapan III (RSUD Bontang) dan juara harapan IV (RSUD AW Syahranie). Juara untuk masing-masing kategori berhak mendapatkan piala dan uang pembinaan. (her/hmsprov).

//Foto: Suasana lomba poco-poco di Aula Dispora. (heru/humasprov kaltim).
 

Berita Terkait
Government Public Relation