Lomba Story Telling Diikuti 12 Nominator

SAMARINDA – Terhitung 12 nominator terdiri dari guru Taman Kanak-Kanak/Pendidikan Anaka Usia Dini (TK/PAUD) yang dinilai sebagai peserta terbaik dan lolos seleksi tingkat provinsi selanjutnya berhak mengikuti Lomba Story Telling tingkat provinsi tahun 2013.
Menurut Kepala Badan Perpustakaan Provinsi Kaltim Hj Sri Sulasmi Retno Wijayanti, lomba story telling (bercerita) merupakan kegatan rutin tahunan yang digelar badan perpustakaan dan sebagai bentuk upaya pemasyarakatan peningkatan budaya dan minat baca masyarakat.
“Lomba story telling sebagai upaya untuk menumbuhkembangkan kegemaran membaca melalui berbagai bacaan dan media guna menanamkan cinta kebudayaan bangsa, perstuan dan kesatuan bagi anak-anak sejak usia dini,” kata Sri Sulasmi usai membuka Lomba Story Telling Guru TK/PAUD tingkat Provinsi 2013 di Balai Pustaka Baperpusda, Kamis (10/10).
Diakuinya, saat ini sebagian besar masyarakat masih terbiasa dengan budaya lisan and budaya tutur. Padahal, bagsa yang maju lebih berorientasi pada budaya tulis. Sehingga, melalui lomba ini diharapkan akan menumbuhkan kegemaran membaca anak-anak sejak dini.
Selain itu, melalui lomba bercerita ini akanmampu meotivasi minat baca anak-anak tentang buku-buku cerita budaya daerah serta menumbuhkembangkan kecintaan akan budaya nusantara, khususnya cerita adat dan budaya lokal.
“melalui kegiatan lomba berbcerita (story telling) serta lomba perpustakaan sekolah diharapkan akan menjadi momentum yang baik untuk meningkatkan minat dan kegemaran serta budaya baca masyarakat, khususnya anak-anak sejak usia dini,” harap Sri Sulasmi.
Sementara itu Kepala Sub Bidang Pengembangan Emiliana menyebutkan lomba story telling merupakan bagian dari merealisasikan tugas pokok dan fungsi Baperpusda Kaltim sebagai lembaga teknis Pembina sumber daya manusia di bidang perpustakaan.
“Sasaran yang ingin kita capai dari kegiatan lomba ini adalah terpilihnya guru TK/PAUD sebagai Pendongeng Terbaik yang dapat diteladani oleh guru-guru lain, sehingga mampu memotivasi anak-anak didiknya agar meningkat kegemaran dan minat bacanya,” ujar Emiliana.
Dalam kesempatan tersebut disampaikan juara-juara Lomba Perpustakaan Sekolah, yakni terpilih juara I adalah SMP Nasional KPS Balikpapan, juara II diraih SMP Negeri I Bontang dan juara III diperoleh SMP Negeri 3 Tarakan. Sedangkan juara Harapan I dan Harapan II diperoleh SMP Negeri 2 Tarakan dan SMP Kristen Sunodia Samarinda.(yans/hmsprov)

Foto: Anak-anak TK/PAUD saat mendengarkan penyampaian cerita.(masdiansyah/humasprov kaltim)

 

Berita Terkait
Government Public Relation