LPI Tingkat Nasional 2013

SMPN 8 Balikpapan, SMKN 1 Bontang dan Unmul Wakili Kaltim
 
SAMARINDA - Liga Pendidikan Indonesia (LPI) provinsi Kaltim akhirnya memiliki wakil yang akan berlaga pada LPI nasional 2013 di Jakarta.  SMP Negeri 8 Balikpapan menjadi wakil jenjang SMP/MTS, SMK Negeri 1 Bontang untuk jenjang SMA/SMK dan Universitas Mulawarman (Unmul) untuk jenjang Perguruan Tinggi (PT).   
Hasil dari LPI tingkat provinsi 2013, antara lain untuk jenjang SMP/MTS juara pertama diraih SMP Negeri 8 Balikpapan, kedua SMP Negeri 8 Bontang dan ketiga SMP Negeri 3 Malinau. Jenjang SMA/SMK, juara pertama diraih SMK Negeri 1 Bontang, kedua SMA Negeri 13 Samarinda dan ketiga SMK Geo Pertambangan Tenggarong dan jenjang Perguruan Tinggi juara pertama diraih Unmul, kedua STT Migas Balikpapan dan ketiga Uniba Balikpapan.    
Kepala Bidang Pendidikan SMK dan Perguruan Tinggi (PT), Basmen Nainggolan mengatakan, tujuan LPI adalah bagaimana pemerintah daerah menciptakan generasi muda yang mampu menjunjung tinggi sportivitas, terutama olahraga sepakbola.
“Melalui kegiatan ini kami berharap generasi muda Kaltim, khususnya mulai dari tingkat SMP hingga perguruan tinggi dapat berdisiplin dan membangun kekompakan, sehingga apa yang diinginkan dapat terwujud, terutama keinginan meraih juara. Karena, pertandingan sepakbola memerlukan kekompakan dan kedisiplinan,” kata Basmen Nainggolan, Selasa (3/9).  
Selain itu, melalui kegiatan tersebut diharapkan seluruh siswa dan mahasiswa terbangun  karakter yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Melalui kegiatan tersebut juga diharapkan  mampu mengurangi kenakalan remaja, mulai dari tawuran, kebut-kebutan di jalan dan minum-minuman keras.   
“Kami berharap seluruh siswa dan mahasiswa di Kaltim yang terlibat dalam kegiatan ini mampu membawa rekan-rekannya untuk lebih kreatif, terutama mengikuti kegiatan olahraga, khususnya sepakbola. Sehingga tidak disibukkan dengan kegiatan yang negatif,” jelasnya.
Guna menyukseskan pembinaan tersebut, Pemprov Kaltim mengimbau agar seluruh kabupaten dan kota hingga kecamatan dapat membina pelajar dan mahasiswa di masing-masing daerah sedini mungkin, sehingga tahun depan mereka dapat berkompetisi di tingkat provinsi.(jay/hmsprov).


 

Berita Terkait
Government Public Relation