LPM Pendukung Pembangunan Desa

SAMARINDA - Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM-PD) Kaltim HM Jauhar Effendi mengatakan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) berperan mendukung pembangunan di desa/kampung dan kelurahan. LPM berperan mendukung pengembangan partisipasi dan pemberdayaan masyarakat guna mewujudkan proses perencanaan partisipatif dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pengelolaan pembangunan di daerah.
“LPM memiliki tugas  utama menyusun rencana pembangunan jangka menengah desa (RPJMDes) secara partisipatif, penggerak dan mengembangkan partisipasi, gotong royong serta swadaya masyarakat,” kata Jauhar Effendi ketika dikonfirmasi di Samarinda, Minggu (31/3).
itu, dijelaskan Jauhar terkait Bimbingan Teknis (Bimtek) LPM di Malinau yang digelar, Kamis (28/3). Menurut dia, pengembangan LPM sesuai dalam Pasal 211 Undang-Undang Nomor 32/ 2004 tentang
Pemerintah Daerah yang menyebutkan bahwa desa dapat dibentuk lembaga kemasyarakatan yang ditetapkan dengan peraturan desa dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Pasal tersebut juga menyebutkan bahwa lembaga kemasyarakatan dimaksud bertugas membantu pemerintah desa dan merupakan mitra dalam memberdayakan masyarakat desa.
“Dengan demikian sangat jelas bahwa keberadaan LPM sebagai salah satu lembaga kemasyarakatan menjadi bagian penting dalam keberhasilan pembangunan di desa,” jelasnya.
Keberadaan LPM diharapkan dapat menumbuhkembangkan  pemberdayaan masyarakat agar  lebih baik. Melihat tupoksinya, maka maju atau mundurnya suatu desa bukan hanya tergantung pada pemerintah desa. Tetapi juga berkaitan erat dengan keberadaan LPM selaku lembaga yang berfungsi sebagai fasilitator dan bertanggung jawab dalam perencaaan program pembangunan desa.
Karena itu, pengurus LPM harus memiliki kebanggaan serta memahami hal itu sehingga bisa bersinergi dengan masyarakat dan lembaga desa lainnya untuk membangun bersama di desa.
“Atas dasar peran strategis tersebut, maka Pemprov Kaltim dan Pemerintah Kabupaten/Kota terus memfasilitasi upaya peningkatan kualitas aparatur LPM. Contohnya dengan melaksanakan bimbingan teknis dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam menjalankan tugas, peran dan fungsi sebagai pengurus LPM,” jelasnya. Bimtek LPM di Malinau di Buka Wakil Bupati Topan Amrullah. (jay/hmsprov).
 

Berita Terkait
Government Public Relation