LPSE Kaltim Hemat Anggaran Rp135 Miliar

SAMARINDA - Efisiensi atau penghematan anggaran dalam proses lelang pengadaan barang atau jasa melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kaltim pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Kaltim hingga pertengahan  2016 mencapai Rp135 miliar  dari pagu anggaran yang telah dilelang yakni Rp1,44 triliun.

 Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim Abdullah Sani melalui Kepala Bidang Aplikasi Telematika Diskominfo Kaltim Adrie Dirga Sagita ketika ditemui diruang kerjanya menyebutkan efisiensi yang tercatat Rp 135 miliar tersebut dinilai berdasarkan selisih antara pagu anggaran yang telah dilelang Rp1,44 triliun dengan total penawaran Rp1,30 triliun.

"Total anggaran yang disediakan Rp 2,61 triliun. Dari pagu anggaran tersebut telah diselesaikan lelangnya  Rp 1,44 triliun. Setelah dilakukan penawaran, dana yang terpakai Rp1,30 triliun. sehingga, terdapat selisih  atau penghematan Rp135 miliar," katanya.

Dengan selisih anggaran tersebut,  artinya LPSE Diskominfo Kaltim berhasil menghemat anggaran pengadaan Rp 135 miliar. Dalam penawaran paket lelang hingga pertengahan  2016 telah melelang 516 paket pekerjaan. Dari jumlah tersebut, paket lelang yang telah selesai dikerjakan adalah 402 paket.

"Dengan sistem LPSE ini berarti hingga pertengahan tahun ini telah berhasil mencapai target taknis efisiensi dan tranparansi pengelolaan anggaran negara," katanya. (rus/es/humasprov).

Berita Terkait