Kalimantan Timur
LSM Bagian dari Pemerintah

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak memberikan apresiasi yang tinggi kepada masyarakat yang memberikan solusi dalam penyelenggaraan pembangunan daerah, termasuk masukan dan solusi yang disampaikan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).  

Menurut Gubernur, LSM adalah bagian dari mitra pemerintah. LSM diminta untuk memberikan masukan yang baik kepada pemerintah, tetapi masukan-masukan yang diharapkan ada masukan berharga atau masukan yang membangun.

“Silahkan LSM memberikan masukan kepada pemerintah. Tetapi masukan yang memberikan solusi. Pemerintah siap menerima masukan tersebut, tetapi harus memberikan solusi bukan hanya kritik,” kata Awang Faroek Ishak di Kantor Gubernur Kaltim pekan lalu.

Lanjut Awang, banyak LSM yang telah memberikan masukan kepada pemerintah, salah satunya adalah Jaringan Advokasi Tambang (Jatam). LSM tersebut memberikan data kepada pemerintah, terutama mengenai masalah sektor pertambangan batu bara, yakni terkait masalah pelestarian lingkungan hidup.

Data yang diberikan LSM ini menjadi bahan evaluasi pemerintah untuk mengambil kebijakan terhadap permasalahan lingkungan. Terutama permasalahan lingkungan perusahaan tambang batu bara.

“Bisa saja data yang kami miliki kurang tepat, sehingga perlu masukan dari luar, terutama LSM. Sehingga bisa kita koreksi bersama-sama. Dengan demikian, kami bisa mengambil keputusan yang tepat pula,” jelasnya.

LSM juga bisa memberikan masukan kepada pemerintah melalui siaran RRI dan TVRI Kaltim. Karena Pemprov Kaltim biasa blusukan menggunakan media tersebut, sehingga siapa saja bisa memberikan masukan yang membangun melalui program Gubernur Menyapa yang disiarkan RRI Samarinda dan TVRI Kaltim.

“Insyaallah pemerintah akan perhatikan. Karena, saya yakin masukan masyarakat melalui RRI dan TVRI itu murni dan tidak dibuat-buat,” jelasnya. (jay/sul/hmsprov) 

Berita Terkait
BERITA FOTO
BERITA FOTO

30 September 2014 Jam 00:00:00
Pemerintahan

353 CPNS Terima SK
353 CPNS Terima SK

28 Januari 2021 Jam 21:53:30
Pemerintahan

Berita Foto
Berita Foto

17 Desember 2015 Jam 00:00:00
Pemerintahan