Lulusan Siswa SMK-SPP Negeri Dikukuhkan


SAMARINDA - Sejumlah 102 siswa resmi dikukuhkan sebagai siswa yang lulus Ujian Nasional (UN) tahun ajaran (TA) 2015/2016 di SMK Sekolah Pertanian Pembangunan (SPP) Negeri Samarinda oleh Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kaltim H Ibrahim. Jumlah tersebut terdiri dari 33 siswa jurusan Agribisnis Tanaman Pangan Hortikultura dan 69 siswa jurusan Agribisnis Tanaman Pangan Perkebunan.

Ibrahim berharap ke depan para lulusan tidak terobsesi menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), melainkan dapat menjadi pengusaha yang sukses sesuai keahlian yang telah diterima selama menjalani pendidikan di SMK-SPP Negeri Samarinda.

“Selamat kepada seluruh siswa yang lulus tahun ini. Diharapkan lebih kreatif dan mampu melihat peluang kerja di daerah, sesuai ilmu pengetahuan yang diterima selama menjalani pendidikan di sekolah ini. Termasuk tidak terobsesi menjadi PNS. Karena menjadi pengusaha di sektor pertanian juga sangat terbuka luas di Kaltim, seiring dengan masih banyaknya lahan untuk pertanian di daerah ini,” kata Ibrahim pada saat pengukuhan lulusan SMK-SPP Negeri Samarinda angkatan XLVIII TA 2015/2016 di Aula UPTD SMK-SPP Negeri Samarinda, Kamis (12/5).

Ibrahim mengatakan banyak pengusaha sektor pertanian yang kini terbilang sukses. Contoh Agus pengusaha Pepaya Mini. Karena itu, diharapkan lulusan SMK-SPP Negeri Samarinda mampu melihat peluang di sektor pertanian.

Populasi petani di Kaltim memang tergolong menurun. Karena para petani di Kaltim banyak yang berusia lanjut. Diharapkan dengan ilmu yang diterima para lulusan SMK-SPP lebih kreatif dalam mengembangkan sektor pertanian, baik ketika menjalani pendidikan lebih lanjut atau perkuliahan maupun bekerja di sektor pertanian.

“Anak-anak diharapkan bisa berinovasi lebih baik. Gunakan ilmu yang diterima dengan baik. Karena di bumi Negara ini, khususnya di Kaltim apa saja yang ditanam Insyallah akan tumbuh. Selanjutnya, jika telah berhasil jangan sombong dan angkuh, tetap rendah hati,” harapnya.

Plt Kepala UPTD SMK-SPP Negeri Samarinda Wenny Tjitijo mengatakan dari 102 anak yang lulus ada 35 anak yang lulus tanpa tes di Unmul di berbagai Fakultas, termasuk Fakultas Pertanian. Termasuk ada pula yang lulus di Perguruan Tinggi di Pulau Jawa.

“Ini menunjukkan bahwa kualitas peserta didik di SMK-SPP Negeri Samarinda juga tidak kalah dengan sekolah umum lainnya. Diharapkan anak-anak dapat bersaing dengan lulusan sekolah lainnya jika telah masuk di perguruan tinggi di Kaltim maupun di Pulau Jawa,” ujarnya. (jay/sul/humasprov

Berita Terkait