Madrasah Harus Ciptakan Generasi Kaltim Berkualitas

SAMARINDA – Pemerintah Provinsi Kaltim telah menetapkan pendidikan salah satu program prioritas pembangunan SDM Kaltim berkualitas, lembaga pendidikan keagamaan (madrasah) harus mampu menciptakan generasi penerus di daerah yang berdaya saing tinggi.
“Kita ketahui siswa madrasah ini ada yang terpilih mengikuti menjalani pendidikan di Amerika dan ini menunjukkan pendidikan keagamaan (madrasah) tidak kalah dengan umum,” ujar Wakil Gubernur Kaltim H Farid Wadjdy usai menghadiri Peringatan HUT ke-23 Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda, Selasa (30/4).
Karenanya, lembaga pendidikan melalui inovasi dan kreativitas para tenaga pendidik yang didukung pembina dan pengelola lembaga pendidikan haruslah mampu meningkatkan kemampuan dan wawasan serta keterampilan siswa.
Sehingga saat menjalani pendidikan maupun setelah menyelesaikan pendidikan mampu berprestasi dan membawa nama baik sekolah, daerah bahkan negara.  Terlebih Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Samarinda merupakan salah satu madrasah unggulan di Kaltim.
Secara mendasar Pemprov Kaltim telah memberikan peluang dan membuka kesempatana yang sebesar-besarnya bagi pelajar Kaltim mampu mengembangkan diri dan kemampuannya, termasuk diberikan beasiswa dan bantuan stimulant bagi pelajar dan mahasiswa.
“Kita memberikan dukungan penuh dan kesempatan bagi pelajar untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan serta wawasannya belajar ke luar negeri. Karenanya, diusianya yang ke-23 tahun ini, diharapkan MAN 2 Samarinda mampu meningkatkan prestasi para siswanya,” ungkap Farid Wadjdy.
Wagub juga berharap dengan terbangunnya Masjid Al Jihad yang berada di komplek MAN 2 Samarinda ini mampu meningkatkan pembinaan mental spiritual siswa. Sebab, masjid selain sebagai pusat beribadah juga pusat kebudayaan (prilaku) dan peradaban.
Sementara itu Kepala MAN 2 Samarinda Suratman mengemukakan dalam rangkaian peringatan HUT ke-23 MAN 2 Samarinda telah digelar berbagai kegiatan termasuk lomba-lomba yang melibatkan 17 sekolah dan madrasah baik SMP, MTS maupun MA di Samarinda.
“Peringatan HUT ini merupakan kegiatan rutin tahunan sekaligus evaluasi dan meningkatkan silaturahmi antar siswa dan guru serta pengelola lembaga pendidikan secara internal maupun antar siswa sekolah lainnya melalui lomba-lomba,” ujar Suratman.
Dalama kesempatan tersebut, Wagub Farid wadjdy berkesempatan melakukan peletakan batu pembangunan Masjid Al Jihad MAN 2 Samarinda. Tampak hadir Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kaltim HM Kusasi.(yans/hmsprov).

////Foto : Wagub Farid Wadjdy didampingi Kepala Kanwil Kemenag Kaltim HM Kusasi meletakan batu pertama pembangunan Masjid Al Jihad.(masdiansyah/humasprov kaltim)
 

Berita Terkait