Mahasiswa Dominasi Kunjungan Perpustakaan

SAMARINDA – Terhitung rata-rata 700 hingga 1.200 orang perhari yang berkunjung ke Badan Perpustakaan Provinsi Kaltim dan sebagian besar atau didominasi mahasiswa yang  mencapai 70 persen dari jumlah pengunjung tersebut.
“Mahasiswa mendominasi kunjungan di sini (Badan Perpustakaan Kaltim) mencapai 70 persen dari jumlah pengunjung setiap harinya dan sisanya pelajar serta masyarakat umum,” kata Kepala Badan Perpustakaan Kaltim Hj Sri Sulasmi Retno Wijayanti didampingi Kepala Bidang Informasi dan Otomasi Layanan Taufik, Senin (6/5).
Khusus periode 2012 total kunjungan mencapai 198.000 orang sedangkan 75 persennya merupakan mahasiswa. Namun kunjungan  membludak akan terjadi pada hari libur khususnya pada Hari Sabtu mencapai kisaran 800 hingga 1.500 orang.
Apalagi, setiap tahun Perpusda Kaltim selalu menambah koleksi buku mencapai 1.500 judul yang berkaitan dengan buku bacaan dan pengayaan. Sehingga kalangan pelajar dan mahasiswa termasuk masyarakat umum sangat berminat berkunjung.
Dijelaskan, berbagai upaya dilakukan guna meningkatkan kunjungan. Misalnya melalui kegiatan promosi dalam bentuk wisata perpustakaan bagi siswa TK dan sekolah dasar melakukan kunjungan ke perpustakaan.
“Kerjasama dengan media cetak dan memasang beberapa baliho, memasang oneway stiker di angkutan maupun fasilitas umum mengajak masyarakat mendayagunakan perpustakaan, termasuk bimbingan pembaca setiap bulan dan layanan cerita (story telling) bagi anak-anak,” ujarnya.
Selain itu,  Perpusda Kaltim juga menyediakan layanan online atau melalui internet sebagai fasilitas yang menggunakan teknologi informasi (IT) guna memudahkan pemustaka untuk melakukan kunjungan secara online.
“Karena layanan online maka visitor (kunjungan pemustaka) khususnya untuk mengetahui even-even (kegiatan) yang dilakukan Perpusda Kaltim termasuk mendaftarkan diri menjadi anggota dan penelusuran koleksi serta melakukan pemesanan atau reservasi buku secara online,” jelasnya.
Kelebihan pelayanan secara online lainnya yakni setiap pemustaka (anggota perpustakaan terdaftar) yang telah habis masa berlaku peminjaman buku maka dapat melakukan perpanjangan dengan sendirinya.
Disebutkan, melalui layanan atau fitur-fitur tersebt maka jumlah kunjungan secara online terus meningkat setiap tahunnya. Bahkan diperkirakan sesuai data yang terlihat tidak kurang 3.500 pemustaka yang menggunakan fasilitas tersebut.
“Pelayanan website kita sangat disukai masyarakat untuk penelusuran berbagai koleksi yang tersedia di Perpusda Kaltim. Karena pemustaka maupun masyarakat tanpa harus datang kesini  tetapi dapat melakukan penelusuran berbagai koleksi buku,” ungkapnya.
Perpusda Kaltim memberikan layanan kunjungan bagi pemustaka maupun masyarakat umum setiap hari dari Senin sampai Minggu, khusus Senin-Jumat dari pagi hingga malam atau sejak pukul 08.00 hingga 21.00 sedangkan Sabtu-Minggu dari pukul 10.00-17.00.(yans/hmsprov).

///Foto : Gedung Perpustakaan Daerah.(dok/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait
Government Public Relation