Mahasiswa ITK dan ISBI Utamakan Prestasi Akademik

Mahasiswa ITK dan ISBI Utamakan Prestasi Akademik

 

SAMARINDA - Asisten Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemprov Kaltim H Bere Ali berharap mahasiswa baru yang dinyatakan lulus tes di Institut Teknologi Kalimantan (ITK) dan Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Kaltim tahun ajaran 2014-2015 harus mengutamakan peningkatan prestasi akademik.

ITK dan ISBI adalah program pembangunan bidang pendidikan yang digagas Pemprov Kaltim bertujuan untuk mencetak sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Dari tujuan itu, maka Pemprov Kaltim memberikan beasiswa bagi seluruh mahasiswa yang lulus tes tersebut untuk memenuhi kebutuhan minimal pendidikan yang dijalani.

“Karena itu, diharapkan mahasiswa yang lulus tes di ITK dan ISBI Kaltim tahun ajaran ini, dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik, sehingga mampu mewujudkan cita-cita masyarakat Kaltim untuk memiliki SDM yang berkualitas dalam mendukung program pembangunan pemerintah,” kata Bere Ali,  di Kantor Gubernur, Kamis (10/7).

Menurut dia, kesempatan tersebut jangan disia-siakan. Karena banyak peserta yang ingin masuk, namun tidak mendapatkan kesempatan yang sama. Karena itu, Pemprov Kaltim berharap seluruh mahasiswa yang diterima di perguruan tinggi tersebut dapat bejalar dengan serius, sehingga mampu menyelesaikan pendidikan dengan baik dan menjadi asset daerah yang berkualitas di kemudian hari.

Mewujudkan prestasi akademik itu, maka mahasiswa ITK dan ISBI Kaltim, baik yang baru maupun angkatan lama dapat belajar lebih serius, fokus demi hasil terbaik.

“Yang terpenting, mahasiswa harus memiliki motivasi yang tinggi untuk belajar lebih giat. Sebab akan sangat disayangkan jika biaya besar yang dikeluarkan pemerintah, tidak dimanfaatkan sebaik-baiknya," jelasnya. 

Pemprov berharap biaya yang diberikan tidak digunakan untuk dihambur-hamburkan. Karena, biaya itu untuk pendidikan selama perkuliahan. Apalagi, mahasiswa yang masuk di perguruan tinggi ini adalah mahasiswa yang telah lulus tes sesuai standar tes perguruan tinggi negeri di Indonesia. Saat ini mahasiswa ITK masih dititipkan di Institut Teknologi Surabaya (ITS) dan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.

Kepala Dinas Pendidikan Kaltim H Musyahrim mengatakan mahasiswa yang lulus ITK tahun ini sebanyak 69 orang dan ISBI sebanyak 66 orang. “Kami berharap mahasiswa yang lulus masuk di ITK dan ISBI Kaltim dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik, sehingga kelak ketika lulus kuliah mampu menjadi SDM yang berkualitas dan mendukung program pembangunan di daerah,” kata Musyahrim usai pertemuan bersama mahasiswa ITK dan ISBI Kaltim tahun ajaran 2014-2015 di Kantor Disdik Kaltim. (jay/sul/hmsprov) 

 

Berita Terkait