Mahasiswa KKN KLB Harus Berinovasi

Dok.humaskaltim

SAMARINDA – Plt Asisten Pemerintahan dan Kesra Setprov Kaltim yang juga Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim Dr HM Jauhar Efendi meminta agar mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata Kondisi Luar Biasa Universitas Mulawarman (KKN KLB Unmul) Samarinda harus mampu melakukan inovasi di tengah Pandemi Covid-19. 

“Diharap ada pemikiran brilian dari setiap peserta KKN yang menjadi masukan dan membantu pemprov menyelesaikan masalah pembangunan di desa dan kelurahan,” kata M Jauhar Efendi saat menjadi pembicara pembekalan program KKN KLB Unmul Samarinda yang dilakukan secara virtual, Kamis (18/6). 

Inovasi dimaksud diantaranya mampu mendukung pengembangan ekonomi, mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran. 

Mengingat, Pemprov Kaltim melalui DPMPD dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019-2023 menetapkan target dalam lima tahun bisa meningkatkan Indek Desa Membangun (IDM) 150 desa dari 518 desa sangat tertinggal dan tertinggal.

Harapannya inovasi dimaksud dapat membantu memberikan masukan terkait langkah desa dalam memajukan desanya. Dengan begitu diharap target pemprov bisa dapat terpenuhi.

"Peserta KKN KLB diharap dapat merumuskan minimal satu permasalahan setiap pesertanya. Dengan 2.488 peserta yang tersebar di 462 lokasi diharap akan dihasilkan 2.488 persoalan yang akan diselesaikan Pemprov Kaltim," jelasnya.(jay/ri/ri/humasprovkaltim)

Berita Terkait