Mahasiswa Perkeretaapian

SAMARINDA - Sedikitnya 50 mahasiswa baru (Maba) Angkatan III Perkeretaapian Rusia asal Kaltim mengikuti pembekalan yang dilakukan Dinas Pendidikan (Disdik) Kaltim sejak 14 Juli-31 Agustus 2016 di Gedung Guru Jalan Harva Samarinda.

Pembekalan ini diperlukan dengan tujuan agar mahasiswa baru perkeretaapian mengetahui adat dan istiadat, termasuk iklim di Rusia hingga nantinya mereka bisa lebih siap menjalani proses perkuliahan.

“Mereka harus dibekali dulu dengan pengetahuan tentang kondisi di Rusia, sehingga ketika di Negara orang mereka sudah paham apa yang akan dilaksanakan. Karena, selain berbeda budaya, kita juga berbeda bahasa, sehingga pengetahuan bahasa juga sangat diperlukan dalam perkuliahan ini,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kaltim Dayang Budiati didampingi Ketua Tim Beasiswa Kaltim Cemerlang Basmen Nainggolan di Kantor Disdik Kaltim, Jumat (15/7).

Setelah menjalani pembekalan di daerah, mahasiswa yang menjalani pendidikan perkeretaapian ini akan kembali mengikuti pembekalan selama setahun di Rusia, khususnya tentang bahasa. Karena, pengantar dalam perkuliahan lebih banyak bahasa Rusia.

Setahun menjalani pembekalan, mahasiswa melanjutkan pendidikan selama lima tahun di masing-masing perguruan tinggi perkeretaapian di Rusia, yaitu St Peterburg Railroad University, Moscow State Transport of Railway Engineering, Rostov State Transport University dan Samara State Transport University.

“Mereka yang lulus nanti stara dengan Strata 2 atau S2. Mahasiswa yang lulus diharapkan dapat bekerja di perusahaan PT Kereta Api Borneo (KAB) yang merupakan anak perusahaan Russian Railways,” jelasnya. (jay/sul/humasprov   

Berita Terkait
Government Public Relation