Mahasiswa Politani Samarinda Pelajari Tanaman Lada

Mahasiswa Politani Samarinda Pelajari Tanaman Lada

SAMARINDA - Dalam kaitan pembelajaran terhadap budidaya tanaman lada, terhitung 49 mahasiswa Politeknik Pertanian Negeri (Politani) Samarinda melakukan kunjungan lapang ke Stasiun Lada di kilometer 41 Loa Janan milik Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim.

Menurut Kepala Seksi Teknologi Terapan Budidaya Perkebunan M Reva Yovani, keberadaan Stasiun Lada di kilometer 41 Loa Janan sangat penting dan strategis dalam upaya pengembangan tanaman dan kegiatan penerapan teknologi tanaman lada (Piper nigrum L).

“Kami sangat bersyukur di saat sekarang ini komoditi tanaman lada yang dulunya pernah mengangkat perekonomian masyarakat dan daerah Kaltim ternyata masih dipelajari generasi muda khususnya para mahasiswa di Politani Samarinda,” ungkap Reva Yovani.

Sehingga, kunjungan mahasiswa Politani ke Stasiun Lada ini memberikan semangat tersendiri bagi Dinas Perkebunan Kaltim guna memacu dan memotivasi petani Lada di daerah untuk terus mengembangkan dan membudidayakan tanaman lada. 

Didampingi  Kepala Unit Pengembangan Perkebunan (UPP) Loa Janan Wahono rombongan yang berjumlah 55 orang ini terdiri dari 49 mahasiswa, lima dosen pembimbing serta satu tenaga teknis mempelajari secara langsung pola budidaya tanaman lada di Desa Batuah Kecamatan Loa Janan Kukar.

Praktek  mahasiswa Politani Samarinda dilanjutkan dengan mengunjungi kebun lada milik petani binaan atau kebun milik Basri yang merupakan anggota Kelompok Tani Mega Buana Jaya di kilometer 39 Kecamatan Loa Janan.

Dalam kesempatan tersebut diinformasikan kepada mahasiswa mengenai teknis pengembangan dan budidaya tanaman lada di Kaltim terkait pemeliharaan tanaman termasuk cara mendeteksi tanaman terserang hama serta cara penanggulangan hingga proses pasca panen.

Wahono berharap kunjungan tersebut mampu memberikan manfaat serta menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa mengenai budidaya lada, khususnya penyediaan bibit dan teknik pemupukan serta pemangkasan tanaman.(yans/sul/es/hmsprov).

Berita Terkait