Makin Banyak Kasus Sembuh tapi Tetap Waspada

Dok.humaskaltim

SAMARINDA - Meskipun jumlah kasus  sembuh hingga saat ini sudah semakin banyak, namun wabah Virus Corona atau Covid-19 masih tetap diwaspadai oleh seluruh masyarakat di dunia, khususnya di Benua  Etam Kaltim.

Kewaspadaan ini diperlukan, mengingat angka kasus positif masih terjadi. Bahkan per Kamis 4 Juni 2020, kasus positif hanya beda tipis dengan kasus pasien sembuh. Yaitu kasus positif terkonfirmasi sebanyak enam kasus, kasus sembuh tujuh.

"Karens itu  jangan dianggap remeh atau sepele. Untuk  itu, kami minta masyarakat terus mengikuti anjuran pemerintah dan tetap waspada," kata Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltim H Andi Muhammad Ishak dalam siaran pers melalui aplikasi zoom cloud bersama media massa, Kamis (4/6).

Andi Ishak yang juga Plt Kadinkes Kaltim terus mengingatkan, pemerintah berkeinginan untuk menuju perubahan dalam kehidupan normal. Tapi, apabila masyarakat tidak mendukung dengan mengikuti anjuran pemerintah, maka hal itu pun tidak akan bisa terjadi. Karena, kasus akan terus terjadi.

Yang perlu  diperhatikan adalah pola hidup bersih dari rumah hingga di tempat kerja, cuci tangan dan selalu menggunakan masker ketika keluar rumah yang sesuai protokol kesehatan.

Kemudian, jaga jarak ketika di ruangan kerja maupun di srkolah dan tempat umum lainnya, juga harus diperhatikan kebersihannya.  

"Jadi, masyarakat harus bisa memahami kondisi ini sebab kita belum dalam kehidupan normal," jelasnya.

Sehubungan dengan itu, Satgas Percepatan Penanganan Covid 19 maupun Pemprov Kaltim terus mengimbau agar masyarakat terus mengikuti protokol kesehatan, sehingga kehidupan normal akhirnya nanti  betul-betul bisa dilaksanakan.

Sementara itu  mengenai kasus terkonfirmasi positif per 4 Juni 2020 diungkapkan  sebanyak 316 orang. Sedangkan kasus sembuh mencapai 184 orang dan meninggal dunia tetap tiga kasus.

Untuk seluruh kasus yang  dinyatakan sembuh dijelaskan,  karena dari hasil laboratorium Rujukan Covid-19 dinyatakan dua kali dengan hasil negatif  serta hasil pemeriksaan klinis dari dokter penanggung jawab pelayanan yang merawat kasus konfirmasi Covid-19 tersebut menyatakan bahwa secara klinis memiliki kondisi sudah sangat baik, tidak ada gejala. (jay/ri/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation