Malam Api Unggun Eratkan Persaudaraan

Dari Arena Jambore Pemuda Indonesia

 

SAMARINDA - Suasana riang gembira saat berkumpul bersama peserta Jambore Pemuda Indonesia (JPI) dari seluruh Indonesia, berubah menjadi hening dan mengharukan bagi setiap peserta yang  akan berpisah dan kembali ke daerah masing-masing.

Suasana ini tergambar saat dilaksanakan renungan pada malam api unggun yang di arena olahraga panjant tebing kompleks Stadion Utama Palaran, Kamis malam (31/10).

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kaltim, H Sigit Muriono yang memimpin renungan, mengatakan kegiatan Jambore Pemuda ini hendaknya menjadi kenangan bagi seluruh peserta untuk menyongsong masa depan lebih baik.

“Ingatlah bahwa kalian pernah berada pada Jambore Pemuda Indonesia di Kaltim pada tahun 2013. Jadikan ini sebagai momentum untuk mempererat persatuan dan persaudaraan untuk menjadi Pemuda Indoneisa yang maju, cerdas, santun dan memiliki masa depan,” ujarnya.

Dia berharap, setelah kembali ke daerah masing-masing, para pemuda dapat menjadi pemimpin bagi diri dan lingkungan. Pemuda dapat menularkan apa yang didapat pada JPI di Kaltm untuk ditularkan kepada pemuda-pemuda lain, baik di lingkungan kampus, organisasi dan lingkungan tempat tinggal masing-masing.

Malam renungan ini juga diselingi dengan pembacaaan puisi karya para peserta, juga berbagai kesenian dari para peserta ketika api unggun menyala. Sebelumnya,  tiga provinsi menunjukkan kesenian daerah,  yaitu Banten, Kalimantan Barat dan Papua unjuk kebolehan pada pentas seni  pemuda.  Tiga provinsi ini mendapat giliran terakhir selama satu minggu kegiatan JPI 2013 dilaksanakan.

Selain itu perwakilan negara-negara Asean, yaitu Vietnam, India, Singapura  dan Philipina turut membawakan pertunjukan , berupa hiburan dan kesenian masing-masing.

Hingga Jumat pagi, beberapa kontingen diantaranya kontingen dari Provinsi Sumatera Barat, Bali dan Bangka Belitung telah meninggalkan arena perkemahan untuk kembali ke provinsi masing-masing.

Kegiatan JPI 2013, ditutup secara resmi pada Jumat malam. Sedangkan pada hari ini Sabtu (2/11), seluruh peserta akan kembali ke daerah masing-masing. Begitu juga dengan perwakilan Negara Asean juga akan kembali ke negara masing-masing.

“Jangan  putus jalinan komunikasi diantara peserta JPI Kaltim 2013. Terus eratkan persaudaraan dan menjadi pemuda yang maju dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Sigit.(yul/hmsprov).

Berita Terkait