Malaysia, Brunei Darussalam dan Sumsel Berpartisipasi

* Festival Seni Budaya Benua Etam VIII

 

SAMARINDA–Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar)  Kaltim kembali menggelar Festival Seni Budaya Benua Etam VIII tahun 2013. Gelaran tahun ini dipastikan juga diikuti peserta dari Malaysia, Brunei Darussalam dan Provinsi Sumatera Selatan.

Demikian dikatakan Kepala Disbudpar Kaltim, H.M Aswin didampingi Ketua Panitia Festival Seni Budaya Budaya Benua Etam VIII tahun 2013, HM Rozaly, Kamis (7/11). 

Festival tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya namun dikemas lebih menarik.  Salah satu yang berbeda adalah parade budaya para kontingen dari 15 kabupaten/kota di jalan raya hingga menuju tribun stadion Madya Sempaja,” ujar

Aswin.Lanjutnya, acara akan dimulai sejak 14 November hingga 17 November dengan berbagai lomba yaitu lomba kuliner, lomba busana daerah, lomba musik dan lagu tradisional, lomba tari tradisional pesisir dan pedalaman, lomba olahraga tradisional dan pameran pariwisata. 

Selain diikuti peserta dari 15 kabupaten/kota termasuk Kabupaten Mahakam Ulu, parade budaya juga akan diikuti oleh kelompok atau paguyuban suku dan etnis yang ada di Samarinda seperti paguyuban Bugis, Banjar, Buton, Manado dan lain-lain.

“Keikutsertaan negara sahabat Malaysia dan Brunei Darussalam serta Provinsi Sumatera Selatan biasanya pada lomba lagu dan tari tradisional pesisir yang memiliki keterikatan pada budaya melayu yang sama,” ujarnya.

Sementara itu, untuk peserta dari kabupaten/kota yang memenangkan lomba, Disbudpar Kaltim akan memberikan kesempatan untuk mengikuti lomba di tingkat nasional.

 Aswin berharap, masyarakat dapat menyaksikan berbagai acara di festival Seni Budaya Benua Etam, karena acara juga akan dimeriahkan oleh penampilan artis Vina Panduwinata dan Zerosik Band serta kelompok kesenian daerah Kutai Sekar Kedaton.

“Panitia akan memberikan penilaian melalui juri. Penilaian  dilakukan sejak parade budaya, pameran hingga lomba-lomba digelar. Kita berharap festival tahun ini  lebih meriah dan menghibur masyarakat,” harapnya. (yul/adv)

//Foto: H.M Aswin mendampingi Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak pada Festival Seni Budaya Budaya Benua Etam tahun lalu. (dok/humasprov kaltim).

 

Berita Terkait