Malaysia Tawarkan Kerjasama Pendidikan

Malaysia Tawarkan Kerjasama Pendidikan

SAMARINDA - Komitmen Pemprov Kaltim yang sangat tinggi untuk pembangunan pendidikan, menarik minat pelaku pendidikan di Malaysia untuk melakukan kerjasama. Salah satu organisasi promosi pendidikan dari negeri Jiran, yakni Malaysia Education Promotion Centre (MEPC) menawarkan kerjasama pendidikan tersebut kepada Pemprov Kaltim.

Kerjasama yang ditawarkan bukan hanya untuk kelas pendidikan bagi para pelajar dan mahasiswa program S1, S2 hingga S3, tetapi kerjasama pendidikan bagi para pegawai di kantor-kantor pemerintahan dalam bentuk pendidikan motivasi maupun kepemimpinan (leadership).

"Kami memahami bahwa setiap provinsi pasti sudah memiliki program dan rencana untuk membangun pendidikan mereka. Kami hanya ingin anda memberikan sedikit ruang untuk kerjasama dengan universitas-universitas di Malaysia karena kami sudah banyak memiliki dosen-dosen berlevel internasional," kata Direktur MEPC, Yahurin Mohd Yassin saat bertemu Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekprov Kaltim, H Bere Ali  Senin (12/5) di Kantor Gubernur.

Bagi Pemprov Kaltim, rencana kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi di Malaysia tersebut sangat mungkin dilakukan. Apalagi Pemprov Kaltim telah menyiapkan program Beasiswa Kaltim Cemerlang yang sangat mungkin dapat mendukung rencana kerjasama tersebut.

"Prinsipnya, tawaran kerjasama itu kita sambut baik. Secara teknis rencana kerjasama ini masih akan kita pelajari. Yang jelas, untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia Kaltim, kerjasama pendidikan ini sangat mungkin kita lakukan seperti sudah kita lakukan dengan berbagai universitas di luar negeri lainnya," kata Bere Ali. (sul/es/hmsprov)    

 

Berita Terkait