Manfaatkan Call Center 119

Gubernur Awang Faroek Ishak saat meninjau pelayanan di RSUD AWS Samarinda. (dok humasprov kaltim)

 

SAMARINDA – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Wahab Sjachranie (AWS) telah meluncurkan pusat layanan publik (public service centre/PSC) Ambulan Gawat Darurat 119 atau Call Centre 119. Menurut Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak, layanan itu diluncurkan guna memberikan kemudahan bagi masyarakat yang mengalami masalah kegawatdaruratan.

 

Pelayanan medis RSUD terintegrasi dengan Ambulan 119 yang siap sedia di seluruh pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di setiap kecamatan di wilayah Kota Samarinda. “Masyarakat bisa memanfaatkan layanan medis Call Centre 119 untuk memperoleh pelayanan kegawatdaruratan secara cepat dan tepat,” kata Awang.

 

Dia mengungkapkan pelayanan Ambulan 119 atau Call Centre 119 tidak hanya melayani kecelakaan lalu lintas atau kecelakaan kerja tetapi berbagai masalah medis gawat darurat lainnya. Misalnya, jika ada masyarakat yang terkena serangan jantung maupun stroke di rumah atau dimanapun bisa langsung  menghubungi layanan ini agar segera mendapat layanan dan penanganan Ambulan 119. “Masyarakat tidak perlu menunggu lama. Setelah menghubungi PSC 119 maka ambulan datang untuk memberikan pelayanan,” sebut Awang.

 

Ditambahkannya, semua petugas Ambulan 119 sudah dilatih sesuai standar sehingga setiap pasien gawat darurat bisa ditangani secara cepat dan tepat. “Semua pasien yang ditangani melalui PSC 119 diharapkan tidak selalu dibawa ke rumah sakit. Namun tetap mendapatkan pelayanan medis kegawatdaruratan sesuai standar pelayanan. Kecuali memang kondisi ekstra maka pasien diarahkan langsung dibawa ke RS AWS,” ungkap Awang Faroek. (yans/sul/ri/humasprov)

Berita Terkait