Manfaatkan Sumber Pangan yang Ada, Isran Noor: Belajar ke Kang Bejo

USAHA PANGAN. Gubernur Isran Noor menghadiri kegiatan Bakti Sosial Ketahanan Pangan Kampung Tangguh Nusantara (KTN), sekaligus Panen Raya Kangkung, Ikan Lele dan menanam Tanaman Obat di Kampung Kangkung Sumber Rejo (Kang Bejo), Kelurahan Sumber Rejo, Balikpapan. (Samsul/humasprov kaltim)

BALIKPAPAN - Gubernur Kaltim H Isran Noor mengatakan  tidak akan terjadi  ancaman kekurangan pangan, jika saja masyarakat mau melepaskan diri dari ketergantungan  mengonsumsi nasi (beras). Tapi faktanya kata Gubernur, permintaan beras setiap tahun terus meningkat karena peningkatan populasi penduduk, sementara lahan produksi kian menyempit.

 

 

 

"Masalah kita sekarang ini adalah ketergantungan terhadap nasi atau beras. Biar sudah sebakul makan singkong, kalau belum makan nasi, belum makan katanya," kata Gubernur Isran Noor saat memberi sambutan pada acara Bakti Sosial Ketahanan Pangan  Kampung Tangguh Nusantara (KTN), sekaligus Panen Raya Kangkung di Kampung Kangkung Sumber Rejo (Kang Bejo), Kelurahan Sumber Rejo, Balikpapan Tengah, Kamis (17/9).

 

 

Acara secara khusus dihadiri Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan  (Kabaharkam) Polri  Komjen Pol Agus Andrianto. Tampak pula Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto dan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi.

 

 

Gubernur sangat berharap agar masyarakat bisa memanfaatkan sumber-sumber pangan yang ada di sekitar lingkungan mereka. Dia mencontohkan aktivitas Kampung Tangguh Nusantara di Kampung Kangkung Sumber Rejo atau lebih dikenal dengan sebutan Kang Bejo.

 

 

Di kampung ini lanjut Gubernur, semua potensi sumber pangan bisa dimanfaatkan menjadi kekuatan ekonomi warga setempat. Kampung seperti Kang Bejo inilah yang menurut Gubernur Isran Noor akan selalu tangguh menghadapi berbagai kondisi, termasuk pandemi Covid-19.

 

 

Di kampung ini, sumber pangan dan sumber nutrisi dimanfaatkan dengan maksimal. Tentu ini sangat baik untuk menghadapi berbagai kondisi. 

 

 

"Kampung lain harus belajar ke Kang Bejo ini," seru Isran.

Kabaharkam Komjen Pol Agus Andrianto berterimakasih kepada Gubernur Isran Noor dan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi yang menurutnya sudah mendukung Pelaksanaan Kampung Tangguh Nusantara di Benua Etam.

 

 

"Kampung Tangguh Nusantara ini merupakan tindak lanjut dari pencanangan Program Ketahanan Pangan oleh Kapolri dan Panglima TNI. Terima kasih Pak Gubernur dan Pak Wali Kota atas dukungannya, semoga bermanfaat bagi ketahanan pangan masyarakat kita," kata Kabaharkam.

 

 

Acara juga dirangkai dengan panen raya kangkung, ikan lele, menabur benih ikan dan menanam tanaman obat di sekitar lahan Kang Bejo. (sul/ri/humasprovkaltim)

Berita Terkait