Mari Benahi Tujuan Wisata Kaltim

SAMARINDA- Provinsi Kaltim terus berupaya meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara (wisnu) dan wisatawan mancanegara (wisman), sehingga mampu menambah pendapatan asli daerah (PAD), khususnya meningkatkan perekonomian rakyat.
Menyukseskan itu, Pemprov Kaltim menyerukan agar semua pihak, terutama masyarakat turut serta bersama pemerintah membenahi tujuan wisata Kaltim, mulai sarana hingga lingkungan sekitar obyek wisata di masing-masing daerah.
“Ini penting, agar ekonomi rakyat juga semakin meningkat. Karena dengan sarana yang baik, lingkungan yang bersih dan aman serta adanya inovasi yang baru ditampilkan masyarakat sekitar obyek wisata, saya yakin wisatawan baik mancanegara maupun nusantara selalu berkunjung ke daerah tersebut,” kata Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak di Pendopo Lamin Etam, Jumat (22/7).
Pemprov Kaltim terus berupaya agar sarana dan prasarana tujuan wisata di daerah semakin baik. Caranya dengan membangun berbagai infrastruktur jalan, bandara dan jembatan, sehingga tujuan obyek wisata dapat lebih mudah dikunjungi.
Namun demikian, tentu ini tidak akan bisa berhasil jika tidak adanya dukungan Pemerintah Kabupaten/Kota serta masyarakat lokal yang membenahi daerah mereka. “Karena itu, kreatifitas  maupun inovasi masyarakat dalam membenahi fasilitas maupun sarana yang ada di obyek wisata sangat diperlukan. Mial, dengan menambah kerajinan tangan maupun wisata kuliner yang belum pernah dinikmati wisatawan serta meningkatkan kualitas seni budaya yang ada di daerah, sehingga kunjungan wisatawan semakin tinggi, kesejahteraan masyarakat semakin baik,” jelasnya.(jay/humasprov)

Berita Terkait