Mari Bersama Waspadai Bencana

Mari Bersama Waspadai Bencana

SAMARINDA - Bencana setiap saat  bisa  terjadi, apakah di daratan, perairan maupun udara. Begitu pula bencana alam  tanah longsor, banjir bandang, angin ribut, kebakaran hutan dan lahan, maupun kebakaran pada permukiman penduduk, datangnya tak terduga. Masyarakat diharapkan senantiasa meningkatkan kewaspadaan.

"Berdasarkan pengamatan yang ada, partisipasi masyarakat untuk terlibat dalam penanggulangan dan mengurangi resiko bencana sudah terbilang cukup baik," kata  Asisten I Sekprov Kaltim bidang Pemerintahan  H Aji Sayid Fathurrahman mewakili Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak saat membuka Sosialisasi Upaya Preventif dalam rangka Pengurangan Resiko Bencana  di ruang rapat Tepian II Kantor Gubernur Kaltim , Kamis (22/5).
  Belum banyak yang memiliki pengalaman, keahlian dan keterampilan yang memadai soal penanganan berbagai bencana. Manajemen penanggulangan bencana juga masih sangat lemah.

"Saya berharap agar setiap permasalahan bencana, dapat  diatasi dengan sistem dan pola penanganan yang tepat, disertai dengan pembenahan sumber daya manusia (SDM), profesionalisme personel dan penyediaan kelengkapan sarana serta fasilitas penunjang lainnya," tegas Fathur.

Sementara itu Kepala Bagian Pemuda Biro Sosial Setprov Kaltim, Edy Suhaedi  mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk menyosialisasikan Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2013 tentang Penanggulangan Bencana Daerah. Sekaligus pencerahan tentang penangulangan bencana yang sewaktu-waktu terjadi dan bisa menimpa setiap manusia, baik  di lingkungan kantor atau tempat tinggal.

"Melalui kegiatan ini diharapkan para peserta mengerti dan memahami tentang penanggulangan bencana dan pada gilirannya akan mampu memainkan peran sebagai duta tangguh menghadapi bencana," tegas Suhaedi.

Kegiatan tersebut diikuti perangkat kerja SKPD di lingkungan Sekprov Kaltim dan instansi vertikal dan kabupaten dan kota, dengan nara sumber Kepala Badan Penanggulangan Bencana  Daerah (BPBD ) Kaltim H wahyu widhi Heranata. (sar/sul/hmsprov).

 

///FOTO : H Aji Sayid Fathurrahman

Berita Terkait
Government Public Relation