Mari Peduli dan Jujur

Ist

Rilis BPBD Kaltim, Sabtu, 5 Mei 2020

Hingga Sabtu (2/5/2020), pasien terkonfirmasi positif Covid-19 masih terus bertambah. Penambahan jumlah kasus positif Sabtu kemarin terbilang cukup signifikan, yakni 18 orang. Yakni Kutai Kartanegara 10 orang, Kutai Timur 1 orang, Kutai Barat 1 orang dan Samarinda 6 orang.

"Tentu ini harus menjadi keprihatinan kita bersama. Penyebaran yang masih tinggi ini harus kita hentikan. Dan itu hanya akan terwujud, jika kita semua mau peduli dan jujur," kata Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim H Nazrin, Minggu (3/5/2020).

Peduli berarti, setiap kita benar-benar menginginkan wabah ini segera berlalu, dan selanjutnya melakukan hal-hal yang baik untuk mencegah tertular atau menularkan virus berbahaya ini. 

Sedangkan jujur, tidak lain berarti agar setiap kita harus menyampaikan riwayat perjalanan atau interaksi dengan ODP, PDP atau bahkan pasien terkonfirmasi corona, saat mengalami gejala batuk, pilek dan demam, kepada petugas medis.

Rilis terbaru Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kaltim mencatat 154 pasien positif Covid-19, 13 sembuh dan 1 meninggal dunia. Sementara jumlah ODP 8.032 orang dan PDP 544 orang.

Sementara dari Balikpapan dilaporkan, Pemerintah Kota Balikpapan memberi perhatian ke pasar-pasar tradisional yang ramai belakangan ini. 

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi telah meminta Dinas Pasar setempat untuk berkoordinasi dengan Kepala UPT Pasar dan ketua pedagang agar mencari solusi dalam mengurai  keramaian di pasar dan menertibkan pedagang maupun pembeli yang berbelanja, agar tetap menjaga jarak dan memakai masker.

"Gugus Tugas Kabupaten dan Kota lainnya juga terus bekerja keras untuk menghentikan penyebaran Covid-19. Tapi itu saja tidak akan cukup, perlu kepedulian dan kejujuran kita bersama untuk itu," seru Nazrin. (sul)

Berita Terkait