Masjid Pemprov Siap Difungsikan

Foto : Adi Suseno

SAMARINDA - Masjid Pemprov Kaltim, beralamat Jalan Jendral Sudirman Samarinda, siap difungsikan atau dimanfaatkan oleh umat muslim di Kaltim khususnya Samarinda.

 

Plt Sekprov Kaltim HM Sa'bani usai meninjau kondisi masjid mengatakan, secara keseluruhan masjid siap digunakan. Hanya saja, memang kebersihan masjid yang harus terus dijaga. 

 

"Masjid sudah rampung. Karena masih baru, jadi harus sering dibersihkan setiap waktu. Untuk saat ini, status masjid masih tanggungjawab kontraktor dalam pemeliharaan. Tapi, karena sudah rampung atau selesai, Pemprov Kaltim berencana memanfaatkannya," kata Sa'bani di Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (19/3/2020).

 

Sa'bani menjelaskan, pemanfaatan ini karena masjid yang lama sudah tidak bisa menampung jamaah ketika melaksanakan salat. Bahkan jamaah sudah sampai di luar ruang masjid.

 

Bahkan, untuk Badan Pengelola Masjid telah dibentuk, termasuk imam dan muadzin salat rawatib juga telah dipilih. 

 

Maka, pemafaatan sudah bisa dilakukan.

Selain itu, diminta pengelola Masjid untuk bisa membersihkan setiap waktu. Terutama sebelum masuk waktu salat.

 

"Kita tinggal menunggu arahan pimpinan. Yaitu Wagub Kaltim kapan rencana mulai dimanfaatkan atau difungsikan," jelasnya.

Kemudian, dengan adanya situasi wabah Covid-19 Virus Corona, maka karpet atau sajadah sementara belum dipasang. 

 

Termasuk AC juga belum dipasang. Sehingga ketika salat hanya menggunakan kipas angin biasa.

 

"Hal ini juga sebagai bentuk waspada terhadap virus corona yang masih mewabah. Begitu juga sajadah, jamaah diminta untuk membawa masing-masing. Artinya, pengelola sementara tidak memasang hingga batas waktu yang belum ditentukan," jelasnya.

 

Sedangkan untuk listrik dan air PDAM sudah siap. Termasuk genzet listrik juga disiapkan, apabila listrik dari PLN padam. Bahkan sound system, baik speaker luar maupun dalam juga sudah berfungsi.

 

"Karena baru, mengenai tirai untuk jamaah wanita memang belum disediakan. Begitu juga mukena dan sarung belum disediakan. Tapi, pelan-pelan dilengkapi," jelasnya.(jay/her/yans/humasprovkaltim) 

Berita Terkait