Masyarakat Diajak Bersinergi Penanggulangan Bencana

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H  Awang Faroek Ishak mengajak seluruh elemen masyarakat peduli terhadap bencana dan saling bersinergi pada setiap penanggulangan bencana alam maupun sosial.  
"Bencana selalu menimbulkan kepanikan dan trauma. Karena itu kita harus tetap waspada,” kata Gubernur Awang Faroek Ishak yang dalam sambutan tertulis yang disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim, H Wahyu Widhi Heranata saat membuka Rapat Fasilitasi Peningkatan Kapasitas Aparat Pengurangan Resiko Bencana di Samarinda, Selasa (11/6).    
Menurut dia, dewasa ini penangulangan bencana telah berubah paradigma dari penanganan yang selalu menunggu instruksi pemerintah pusat, kini penanggulangan bencana sudah dilakukan secara bersama oleh pemerintah daerah, baik pemerintah provinsi maupun kabupaten dan kota.
"Ke depan penanggulangan bencana semakin berat, sehingga perlu pemahaman semua pemangku kepentingan untuk meningkatkkan kapasitas resiko terhadap bencana secara kelembagaan baik provinsi maupun kabupaten dan kota secara berkesinambungan," ujarnya.     
Dengan demikian, upaya penangulangan bisa dilakukan lebih terarah, terpadu dan menyeluruh pada semua tahapan, baik pra bencana, tanggap darurat, maupun pasca bencana.  (sar/hmsprov).


 

Berita Terkait
Government Public Relation