Masyarakat Diimbau Gemar Donorkan Darah

SAMARINDA–Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kaltim memberikan piagam penghargaan kepada puluhan perusahaan dan  lembaga serta pendonor  sukarela perorangan dalam peringatan Hari Ulang Tahun PMI Ke-68 di Samarinda, Sabtu malam (20/10).  
Ketua PMI Cabang Kaltim, H Nusyirwan Ismail dalam sambutannya mengatakan bahwa sumbangan darah dari masyarakat sangat dibutuhkan karena hingga saat ini belum ada darah sintetis yang dapat diproduksi menggantikan darah manusia.  
Untuk itu, dirinya mengimbau masyarakat Kaltim lebih peduli dan gemar mendonorkan darahnya untuk menolong masyarakat yang membutuhkan.  
“Kebutuhan darah di Samarinda saja sebanyak 24 ribu kantong per tahun atau kira-kira 2.200  kantong darah per bulan,” jelasnya.  
Kebutuhan yang sangat tinggi ini karena Samarinda sebagai ibukota provinsi  memiliki akses dekat  dengan beberapa kabupaten dan kota lain di sekitarnya, seperti Balikpapan, Kutai Kartanegara, Kutai Barat, Bontang dan Kutai Timur.   
Selain itu beberapa rumah sakit di Samarinda juga sering menjadi rujukan dari rumah sakit kabupaten/kota untuk perbagai perawatan lanjutan yang membutuhkan transfusi darah. Dijelaskan Nusyirwan, Samarinda dengan jumlah penduduk 936 ribu jiwa, pendonor darahnya baru mencapai 22 ribu orang atau dengan prosentase 2,2 persen. Padahal idealnya, dengan penduduk yang hampir mencapai 1 juta jiwa,  rasio antara pendonor darah dan kebutuhan ideal harusnya sebesar 3 persen.  
“Kekurangan ini yang harus kita giatkan untuk mencari pendonor baru baik dari masyarakat secara mandiri maupun dari kelompok-kelompok di perusahaan atau lembaga-lembaga,” harapnya.  
Dalam perayaan HUT PMI ke-68, diberikan penghargaan kepada perusahaan, lembaga yang banyak mengumpulkan kantong darah serta perorangan yang telah menyumbangkan darahnya sebanyak 25, 50, 72 dan 100 kali donor.  
Pengumpul kantong darah terbanyak tahun ini diraih perusahaan migas Total Indonesie dengan perolehan 1.082 kantong, sedangkan pendonor perorangan yang telah mendonorkan darah sebanyak 100 kali diraih sebanyak enam orang.  
“Dengan peringatan HUT PMI tahun ini kita berharap masyarakat Kaltim, khususnya Samarinda akan termotivasi untuk ikut berpartisipasi dalam pengumpulan darah secara sukarela. Satu tetes darah yang kita berikan akan sangat bermanfaat menolong sesama,” tegas Nusyirwan. (yul/hmsprov)

//Foto: Para Penerima Penghargaan PMI. (yuliawan/humasprov kaltim).


 

Berita Terkait
Government Public Relation