Masyarakat Diminta Perhatikan Pola Hidup

 

Simposium Neurosains dan Pelantikan Pengurus Perawat Neurosains

SAMARINDA - Dari symposium neurosains dan pelantikan pengurus Himpunan Perawat Neurosains Indonesia (Hipeni) Kaltim, Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak diwakili Kepala Dinas Kesehatan Kaltim Rini Retno Sukesi meminta agar masyarakat Kaltim terus memperhatikan pola hidup.

Dengan memperhatikan pola hidup, masyarakat dapat menjaga kesehatan. Karena saat ini dengan pola hidup yang kurang baik, masyarakat cenderung mengalami penyakit gangguan ginjal, jantung, terutama hipertensi atau pembuluh darah yang menyebabkan stroke.

"Di Indonesia penyakit jantung dan hipertensi penderitanya semakin bertambah. Bahkan penyakit jantung dan hipertensi merupakan peringkat pertama menyebabkan kematian," kata Rini Retno Sukesi saat mewakili Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak di symposium neuronsains dan pelantikan HIPENI Kaltim di Gedung Utama RSUD AWS Samarinda, Sabtu (29/10).

Menurut Rini, penyakit jantung dan hipertensi dialami semua golongan masyarakat, mulai yang berada hingga kurang mampu. Penyakit tersebut semua bermula dari prilaku seseorang, terutama kurang memperhatikan pola hidup, khususnya menjaga kesehatan dan pola makan.

Memperhatikan pola hidup agar selalu sehat banyak cara yang dilakukan, mulai menjaga pola makan, tidak merokok, rutin berolahraga dan menjaga waktu istirahat. "Karena itu, untuk terhindar dari penyakit tersebut, maka masyarakat diminta untuk mengenali gejala-gejala penyakit tersebut dan terus memperhatikan pola hidup dengan baik," jelasnya.

Sementara kepada pengurus Hipeni Kaltim diharapkan sejak saat ini sudah memprogramkan bagaimana memberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga pola hidup agar terhindar dari berbagai penyakit tersebut.  (jay/sul/humasprov)

Berita Terkait