Masyarakat Diminta Sukseskan Kegiatan Kepemudaan Nasional

SAMARINDA  -  Masyarakat Kaltim diminta untuk  menyukseskan tiga agenda besar nasional yang akan digelar pada bulan Oktober ini di Samarinda. Tiga agenda tersebut adalah peringatan Hari Sumpah Pemuda Nasional (HSPN) ke-85, Jambore Pemuda Indonesia (JPI) serta Merajut Nusantara yang berlangsung 28 Oktober - 2 Nopember.
Dalam rangakaian kegiatan ini juga dijadwalkan Aksi Donor Darah Sedunia yang diikuti seluruh peserta HSPN dan JPI serta perwakilam sepuluh negara Asean dan tiga negara non ASEAN.   
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim, Sigit Muryono, Senin (7/10) mengharapkan partisipasi dan dukungan masyarakat Kaltim untuk menyukseskan kegiatan nasional yang dipercayakan kepada Kaltim.   
“Kita mohon dukungan agar pelaksanaan ini dapat berlangsung lancar dan sukses dan membawa harum nama Kaltim. Partisipasi masyarakat dapat berupa menjaga kebersihan lingkungan ataupun turut menjaga ketertiban dan keamanan,” ujarnya.  
Dijelaskan, kesiapan peserta yang akan berpartisipasi dalam kegiatan ini sudah mencapai 80 persen, seiring dengan konfirmasi sejumlah provinsi di Indonesia utuk terlibat.   
Tujuan dari rangkaian kegiatan ini adalah, upaya mewariskan nilai-nilai semangat Sumpah Pemuda, memperkokoh semangat persatuan dan kesatuan, mempererat rasa kesetiakawanan dan memicu kreatifitas pemuda dalam berkarya.   
Bagi Kaltim, sebagai tuan rumah kegiatan ini tentu menjadi kesempatan penting untuk mempromosikan berbagai potensi Kaltim, termasuk potensi pariwisata daerah agar diketahui secara nasional dan internasional.    
Dengan kehadiran lebih dari 7.000 peserta dari seluruh Indonesia dan beberapa Negara tetangga, diharapkan dapat berpengaruh langsung pada masyarakat melalui pemberdayaan ekonomi langsung seperti meningkatnya penjualan cinderamata, hotel dan restoran, transportasi, komunikasi dan lain-lain.   
"Saat ini kita terus melakukan sinkronisasi jadwal  kegiatan karena melibatkan Pemerintah Kota Samarinda, Pemrov Kaltim dan pemerintah pusat. Kita terus berkoordinasi tentang tugas serta wewenang masing-masing tingkatan. Kita optimistis rangkaian acara dapat terlaksana dengan baik,” ujarnya.  (yul/hmsprov)
 

Berita Terkait
Government Public Relation