Kalimantan Timur
Masyarakat Diminta Sukseskan Lomba 10K

SAMARINDA- Masyarakat Kaltim khususnya di Samarinda diminta untuk mendukung dalam menyukseskan penyelenggaraan Lomba Lari Jalan Raya Gubernur Kaltim Terbuka 10 Kilometer (10K) 2016 yang rencana dilaksanakan, Minggu (14/2). Star dan finis lomba tersebut bertempat di depan Kantor Gubernur Kaltim.

Dukungan tersebut, khususnya dalam ketertiban lalu lintas pada saat kegiatan berlangsung. Terutama di jalur Jalan Gajah Mada, RE Martadinata, Selamat Riyadi dan Untung Soeropati terlebih ketika para peserta melintasi jalur Tepian Mahakam.

“Kami berharap masyarakat dapat menyukseskan penyelenggaraan ini. Mulai menyaksikan, mengikuti hingga turut tertib ketika kegiatan berlangsung yang dimulai pukul 06.00-08.00 wita. Karena dengan dukungan masyarakat diharapkan kegiatan tersebut dapat berjalan aman dan sukses,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim Fachruddin Djaprie didampingi Ketua Panitia Lomba Lari Jalan Raya Gubernur Kaltim Terbuka 10 Kilometer (10K) 2016 Ego Arifin di Kantor Dispora Kaltim, Jumat (12/2).

Dengan dukungan tersebut diharapkan masyarakat dapat membantu panitia untuk menjaga keselamatan peserta. Jika tidak ada kepentingan di luar rumah, khususnya di lintasan rute lomba, diharapkan masyarakat dapat menghindari dengan menggunakan kendaraan atau jika melintasi rute tersebut diharapkan tetap berhati-hati agar tidak menganggu kelancaran peserta ketika melintasi rute dimaksud.

Apalagi tahun ini tujuan rute yang ditetapkan untuk mengenalkan para peserta mengenai obyek wisata Kaltim Tepian Mahakam di Samarinda. Selain itu, diharapkan rute tahun ini dapat menjadi legalitas nasional agar program ini ditetapkan menjadi agenda Internasional.

“Sesuai arahan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak diharapkan program lomba lari 10K dapat ditingkatkan menjadi standar internasional. Artinya, pelaksanaan tersebut ke depan dapat diikuti peserta dari Negara ASEAN maupun luar negeri lainnya,” jelasnya.

Selain itu, Jumat 12 Februari 2016 pendaftaran ditutup. Hal itu berkaitan dengan logistik yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan tersebut. Karena, kondisi ini adanya antusiasme peserta yang sangat tinggi untuk mendaftar.

“Jadi, untuk pendaftaran kami tutup Jumat ini. Sementara jumlah peserta melebihi target, hingga Jumat Pagi peserta yang mengambil formulir dan mengembalikan formulir atau siap mengikuti kegiatan tersebut sebanyak 4.500 orang. Karena itu, pendaftaran kami tutup,” jelasnya.(jay/hmsprov)

Berita Terkait