Media CNA Wawancarai Plt Sekprov, Sa'bani Ungkapkan Kaltim Mudah Ditata Wajar Jadi Ibukota Negara


SAMARINDA - Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kaltim H Muhammad Sa'bani mendapat disposisi dari Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim H Hadi Mulyadi untuk menerima wawancara media asal Singapura Channel NewsAsia (CNA) Group Mediacorp di Ruang Sekprov Kaltim Lantai 2 Kantor Gubernur, Jalan Gajah Mada Samarinda, Kamis (20/6/2019).

Tidak banyak CNA memberikan pertanyaan kepada Pemprov Kaltim yang dijawab Plt Sekprov Sa'bani. Seperti adanya wacana provinsi kaya sumber daya alam Benua Etam akan dipilih menjadi salah satu calon ibukota negara. "Kaltim menawarkan ibukota negara difokuskan di wilayah Kutai Kartanegara, tepatnya di Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Soeharto," ucap Sa'bani menjawab pertanyaan media CNA.

Sa'bani menjelaskan alasan daerah menawarkan Bukit Soeharto menjadi pusat ibukota negara karena lahan di kawasan itu milik pemerintah. Walaupun sebagian kawasan itu merupakan areal konservasi.

Kelebihan dan keuntungan lokasi tersebut adalah lokasi terhubung antara Kota Balikpapan dan Samarinda yang dilintasi jalan tol.

"Artinya, jika berdasar data itu saja, maka wajar jika Kaltim pantas menjadi ibukota negara. Karena mudah ditata. Belum lagi kondisi geografis dan penduduknya. Tentu sangat wajar jadi ibukota negara," ucap Sa'bani yang juga didampingi Plt Kepala Biro Humas Setprov Kaltim Hj Riawati bersama perwakilan Biro Ekonomi Setprov Kaltim. (jay/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation