Meiliana Berharap Dekranasda Harus Tingkatkan Kualitas Produk

Plt Sekprov Kaltim Hj Meiliana

SAMARINDA - Pelaksana tugas (Plt) Sekprov Kaltim Hj Meiliana mengatakan kehadiran Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranada) di tingkat provinsi terlebih kabupaten dan kota bisa meningkatkan kualitas produk dan komoditi yang dilakukan para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) maupun koperasi.

"Dekranasda kabupaten dan kota harus dapat meningkatkan kualitas produk dan komoditas pelaku UMKM dan koperasi, sehingga berdaya saing baik kemasan maupun penggunaan bahan sesuai permintaan pasar," kata Meiliana, belum lama ini.

Selain itu, lanjut dia, Dekranasda harus mendukung program one village one product (OVOP) atau satu desa satu produk (SDSP) melalui kerjasama dengan instansi terkait. Kerjasama yang sinergi antara Dekranasda kabupaten dan kota dengan instansi pemerintah khususnya organisasi perangkat daerah (OPD) teknis guna terjadi pengembangan produk unggulan dalam suatu desa atau kampung. "OVOP dilakukan guna meningkatkan kualitas dan daya saing suatu produk atau komoditI unggulan di suatu desa atau kampung, sehingga berimbas pada peningkatan perekonomian masyarakat," jelasnya.

Meiliana mengharapkan bupati maupun walikota harus memiliki komitmen yang tinggi dalam mendukung optimalisasi kinerja Dekranasda di daerahnya, "Kegiatan dan program Dekranasda harus bisa memberikan efek langsung terhadap peningkatan kualitas produk dan komoditi agar berdaya saing. Terutama mendukung dan menyukseskan pengembangan OPOV di Kaltim, sehingga meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM maupun koperasi," kata Meiliana. (mar/her/yans/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation