Meiliana Berharap Rakortekrenbang Membawa Perubahan Di Daerah

Hj Meiliana

SAMARINDA - Pelaksana tugas (Plt) Sekprov Kaltim Hj Meiliana mengharapkan Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan (Rakortekrenbang) Regional II pada 11-15 Maret 2019 di Balikpapan bisa membawa perubahan bagi provinsi di wilayah timur Indonesia khususnya Kaltim.

Meiliana mengatakan Rakortekrenbang Regional 2019 dalam rangka sinkronisasi antara perencanaan pusat dengan daerah untuk tahun anggaran 2020. Artinya, perencanaan pusat dan daerah harus saling sinkron dalam  mendukung pencapaian sasaran pembangunan nasional sesuai rencana kerja pemerintah (RKP) tahun 2020.

Diharapkan masing-masing desk Kortekrenbang dari 17 provinsi bisa membahas dan memasukkan program-program daerah terlebih Kaltim. "Rakortekrenbang Regional ini bisa membawa perubahan atau angin segar dalam percepatan pelaksanaan pembangunan di daerah. Sebab program yang dibuat daerah tentu sinkron dengan pusat," kata Meiliana.

Selain itu, pembagian desk untuk membahas program-program pembangunan di daerah maka OPD memegang peran bisa melakukan kerjasama ataupun sharing dengan OPD dari 16 provinsi lain.

Misalnya kerjasama promosi wisata, bidang pertanian, perikanan, peternakan maupun sektor perkebunan maupun sektor lainnya. Intinya ungkap Sekprov, bagaimana memanfaatkan Rakortekrenbang sehingga ada nilai tambah dalam percepatan program pembangunan di masing-masing OPD.

"Ini kesempatan kita meminta pusat membantu anggaran melalui program bisa terus ditingkatkan. Baik program infrastruktur, pemberdayaan sumber daya manusia, peningkatan kesehatan serta bidang lainnya," harap Meiliana.(mar/her/yans/fat/humasprovkaltim).

Berita Terkait
Government Public Relation