Meiliana Buka Bimbingan Manasik Haji, Perlu Tingkatkan Jumlah Pelatihan Bagi Calon Jemaah Haji

Plt Sekprov Kaltim DR Hj Meiliana membuka bimbingan manasik haji di Gedung Haji Kota Samarinda

SAMARINDA - Mewakili Gubernur Kaltim, Plt Sekprov Kaltim DR Hj Meiliana membuka bimbingan manasik haji di Gedung Haji Kota Samarinda, Sabtu (27/4/2019). Acara yang diselenggarakan oleh Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Samarinda tersebut diikuti 80 peserta. Sebagai Ketua IPHI Wilayah Kaltim, Meiliana mengatakan pentingnya manasik haji bagi calon jamaah. Apalagi bagi yang baru pertama kali akan melaksanakan.

Menurut Meiliana, kurangnya manasik bisa berakibat pada kurangnya pengetahuan tentang perjalanan ke tanah suci dan pengetahuan tentang ibadah haji. "Oleh karena itu, diperlukan adanya strategi pembinaan jamaah secara terprogram dan lebih bervariasi," ujar Mei.

Bagi anggota IPHI yang belum menunaikan ibadah haji, Meiliana mengatakan bahwa IPHI Pusat telah menawarkan tambahan kuota haji. Jadi, jika belum masuk kuota, segera laporkan saja. "Alhamdulillah IPHI pusat, provinsi dan kota bisa bersinergi. Semoga perjalanan haji kita berlangsung lancar dan baik," tutur Mei.

Mewakili Ketua IPHI Samarinda, Sekretaris DPD IPHI Samarinda H Fauzan, mengatakan, diselenggarakannya bimbingan haji untuk membantu jamaah melaksanakan ibadah haji. "Diharapkan setelah melaksanakan haji, jamaah menjadi haji yang mabrur," ujarnya.

Fauzan mengisahkan sedikit sejarah gedung haji yang dibangun sejak November 2006. Gedung haji dapat terbangun atas bantuan pinjaman tanah dari Pemprov Kaltim. Kemudian lanjutnya, atas kekompakan pengurus, swadana dari masyarakat, teman-teman dan jamaah haji di Samarinda maka terbangunlah gedung haji saat ini. "Jadi hampir seluruh bangunan dan isi dari gedung haji ini adalah wakaf," tutur Fauzan. (yuv/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait