Meiliana Buka Raker dan Workshop Fornas V Kaltim

Plt Sekprov Kaltim Hj Meiliana (syaiful/humasprovkaltim)

SAMARINDA - Rapat Kerja (Raker) dan Workshop Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (Fornas) ke-V Kaltim tahun 2019, secara resmi di buka Plt Sekprov Kaltim Hj Meiliana. Meiliana mengatakan Indonesia memiliki kekayaan kultural yang beragam. Kultur etnis suku dan agama memiliki ekspresi dari cara pengungkapannya masing-masing yang menghiasi bumi Nusantara ini.

Kondisi ini salah satunya tercermin pada olahraga rekreasi masyarakat yang hidup dan berkembang subur pada setiap daerah. Olahraga yang hidup dalam suatu masyarakat yang telah mengakar tumbuh dan berkembang secara turun-temurun. Diwariskan dari generasi ke generasi merupakan budaya bangsa yang hampir punah seperti menyumpit.

Dikatakan, olahraga tradisional sebagai aset kekayaan budaya bangsa sudah sepatutnya diangkat kembali untuk menunjukkan peran dalam usaha mewujudkan persatuan bangsa dan kesatuan bangsa. "Melalui Fornas kita akan kembali mengangkat olahraga tradisional atau olahraga rekreasi masyarakat dengan beberapa cabang perlombaan yang dipertandingkan. Pada intinya Kaltim siap melaksanakan Fornas ke-V tahun 2019," kata Meiliana.

Ditambahkan, Fornas diselenggarakan dengan semangat tinggi sekaligus ajang silaturahim dalam bidang olahraga. Kegiatan ini memotivasi masyarakat untuk gemar berolahraga dan berjiwa sportif sehingga terbangun masyarakat sehat dan bugar serta terbina kerukunan dan kedamaian masyarakat.

Menteri Pemuda dan Olahraga diwakili Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta mengharapkan panitia daerah sudah menggaungkan dan mempromosikan ke berbagai media terkait pelaksanaan Fornas ke-V di Samarinda. "Saya minta Pemprov Kaltim supaya bener-bener mewujudkan tekad untuk menjadi pelaksana Fornas terbaik" kata Raden.

Ditambahkan, Pusat melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga sangat mengapresiasi kerjasama yang bagus antara Kaltim dengan berkoordinasi pada panitia pusat. "Mari sama-sama kita kuatkan ajakan berolahraga. Lewat momentum Fornas ini media-media kita kerahkan untuk terus menggaungkan dan mempromosikan pelaksanaan Fornas," pesan Raden.

Sedangkan Ketua Umum Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia Nasional (Forminas) Hayono Isman mengatakan Fornas ke-V 2019 adalah penyelenggaraan terbaik yang pernah ada. Mengapa yang terbaik. Karena Fornas lanjutnya, berkumpul orang Indonesia dari berbagai suku, agama, ras dan golongan yang cinta pada olahraga "Salah satu cara terbaik tidak hanya membangun kesehatan dan kebugaran. Tapi juga membangun karakter positif dan sportif, yang memang diperlukan bangsa ini," kata Hayono.

Kegiatan selama tiga hari (30 April-2 Mei) diikuti pengurus Formi dan Dinas Pemuda dan Olahraga dari 34 provinsi se Indonesia. (mar/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation