Meiliana : Cegah Penularan DBD Dengan Germas

Meiliana

SAMARINDA - Saat ini, beberapa daerah  di Tanah Air dilanda kasus demam berdarah dengue (DBD), termasuk beberapa kabupaten/ kota di Kaltim. Untuk mencegah dan menekan angka penularannya, Plt Sekprov Kaltim meminta kepada seluruh masyarakat Kaltim mendukung  program Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup Sehat.

Meiliana menjelaskan Germas  adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku kurang sehat. Aksi Germas juga diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih sehat dan dukungan untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat.

"Bagian penting dari Germas Hidup Sehat juga berkaitan dengan meningkatkan kualitas lingkungan. Salah satunya dengan lebih serius menjaga kebersihan lingkungan dalam skala kecil, seperti tingkat rumah tangga dapat dilakukan dengan pengelolaan sampah, sehingga kebersihan lingkungan dapat  mengurangi  dan  mencegah perkembangan DBD," kata Meiliana.

Meiliana juga mengimbau kepada pemerintah kabupaten/kota melalui dinas dan instansi seperti dinas kesehatan, rumah sakit termasuk para camat, lurah dan RT  bersama masyarakat untuk dapat melaksanakan gotong-royong membersihkan lingkungan masing-masing.

"Dengan semangat bergotong royong, tentu kita harapkan selain menjaga kebersihan lingkungan juga dapat mencengah mewabahnya penyakit DBD maupun penyakit lainnya. Diharapkan program ini mampu mengurangi secara signifikan dampak kasus DBD," kata Meiliana. (mar/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation