Meiliana : Diklatpim IV Membangun Agen Perubahan

Meiliana bersama peserta Diklatpim IV. (yuvita/humasprov kaltim)

SAMARINDA - Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Provinsi Kaltim Dr Hj Meiliana meminta peserta Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) IV Angkatan I di lingkungan Pemprov Kaltim bisa menjadi agen perubahan guna menciptakan inovasi dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Meiliana mengatakan Diklatpim merupakan pendidikan dan pelatihan yang dirancang bagi pejabat pemerintah untuk membentuk dan mengembangkan aparatur menjadi agen perubahan. "Kami harapkan agar pelaksanan Diklatpim ini tidak hanya menjadi rutinitas belaka, namun harus mampu memberikan hasil yang maksimal bagi para pesertanya dan harus mampu menjadi agen perubahan," kata Meiliana di hadapan peserta Diklatpim IV Angkatan I tahun 2019 di lingkungan Pemprov Kaltim yang digelar di Aula Utama II Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kaltim, Kamis (14/2/2019).

Selain itu, Meiliana mengharapakan hasil kegiatan bisa melahirkan konsep yang dapat mengubah organisasi walaupun dalam perubahan yang kecil dan sederhana sekalipun. Tidak hanya menghasilkan pemimpin yang memiliki kompetensi, tetapi juga mampu menunjukan kinerja yang baik di lingkungan masing-masing.

"Pola pikir yang dikembangkan dalam pelatihan adalah untuk membentuk kader pimpinan birokrasi yang kuat dan bisa berpikir jangka panjang. Mewujudkan hal tersebut tidaklah mudah, karena diperlukan kreatifitas dan inovasi yang tinggi, terlebih dalam menunjang keberhasilan pembangunan daerah," ujarnya.

Meiliana juga mengharapkan lulusan Diklatpim IV ini nantinya mampu menjadi agen perubahan di tempat kerja masing-masing. Sehingga kualitas sumber daya manusia dan pelayanan publik di lingkungan pemerintah daerah semakin memberi warna dalam perubahan mindset aparatur di semua tingkatan dan strata kepemimpinan ke arah yang lebih disiplin dan  profesional. "Dengan kinerja tersebut diharapkan  mampu meningkatkan citra aparatur pemerintah, khususnya dalam mewujudkan visi Kaltim berdaulat," kata Meiliana.

Sementara itu, Kepala BPSDM Kaltim Prof Dr H Dwi Nugroho Hidayanto mengatakan tujuan penyelenggaraan Diklatpim tingkat IV adalah membentuk kompetensi kepemimpinan yang akan berperan dan melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan di instansinya masing-masing. "Sasaran Diklatpim IV adalah tersedianya 30 orang pejabat eselon IV yang memiliki kapasitas, kapabilitas dan kemampuan membuat perencanaan kegiatan di instasi masing-masing, sehingga bisa menjadi agen perubahan," kata Dwi Nugroho. (mar/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation