Meiliana: Kualitas Pelayanan Publik Harus Ditingkatkan

 

SAMARINDA - Asisten Pemerintahan dan Kesra  Setdaprov Kaltim Hj Meiliana mengatakan memasuki Tahun Baru 2018, peningkatan kualitas pelayanan publik menjadi sangat penting sebagai implementasi reformasi administrasi pemerintahan. Hal itu dikarenakan masih adanya keluhan dan ketidakpuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan publik, sehingga perlu ditingkatkan.

 

Meiliana mengatakan, berbagai regulasi telah diterbitkan, begitu pula dengan pendekatan metode dan instrumen untuk meningkatakan kualitas pelayanan publik telah dikembangkan dan digunakan. "Sehubungan dengan itu, pencanangan rencana aksi peningkatan pelayanan publik yang telah dilakukan  sebelumnya menjadi sangat penting dan strategis dalam upaya melakukan perubahan pola pikir bagi setiap individu maupun kelompok aparatur yang ada di satuan kerja perangkat daerah masing-masing," ujar Meiliana.

 

Ditambahkan, melalui pencanangan rencana aksi budaya kerja organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Kaltim, diharapkan bisa menjadi momentum dalam rangka peneguhan komitmen bersama untuk melakukan perubahan-perubahan dan perbaikan di segala bidang khusunya dalam pelayanan publik. "Terutama dari dalam lubuk hati kita yang paling dalam, yaitu bagaimana kita berprilaku budaya lebih tertib, lebih berdisiplin, bertanggungjawab serta meningkatan pelayanan kepada masyarakat," ujarnya. 

 

Semua hal itu, menurut Meiliana tentunya tidak mudah dalam pelaksanaannya, karena di dalam diri masing-masing individu ada yang namanya hati dan ini sangat mempengaruhi karakter atau kebiasaan-kebiasaan setiap aparatur. "Oleh karena itu, diharapkan pelaksanaan rencana aksi budaya kerja OPD di lingkungan Pemprov Kaltim jangan hanya sekadar slogan, tetapi harus ditindaklanjuti dengan komitmen yang kuat," kata Meiliana.

 

Dikatakan, dalam era transparansi saat  ini, pemerintah akan terus berupaya untuk memperbaiki kekurangan dan kelemahan setiap penyelenggaraan pemerintahan, agar tujuan perubahan pola pikir dalam peningkatan kinerja serta perbaikan pelayanan kepada masyarakat segera terwujud. "Budaya kerja aparatur bagi kita selaku abdi masyarakat dan abdi negara, sangat penting sebagai dasar dalam menjalankan setiap tugas dan tanggung jawab. Oleh karena itu semangat jangan sampai kendor untuk melaksanakan tugas dan fungsi  memberikan pengabdian kepada masyarakat, " tegas Meiliana. (mar/sul/ri/humasprov)

 

Berita Terkait