Meiliana : Petugas Capil Harus Tulus dan Ikhlas

Hj Meiliana bersama peserta Bimtek Front Office Disdukcapil se-Kaltim. (yayan/humasprov)

SAMARINDA - Pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) yang bertugas sebagai front office wajib bekerja dengan tulus dan ikhlas. Hal itu ditegaskan Pj Sekprov Kaltim Dr Hj Meiliana saat mewakili Gubernur Kaltim pada Bimbingan Teknis Front Office Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil  Kabupaten/Kota se-Kaltim di Ruang Kenohan Hotel Selyca Mulia, Sabtu (20/10).

Menurut dia, rasa tulus dan ikhlas itulah yang mendasari munculnya prilaku atau sikap ramah dan santun saat melayani tamu atau masyarakat yang datang ke Disdukcapil. "Ketulusan dan ikhlas seorang petugas front office terlihat saat melayani dengan senyum, santun dan menyampaikan informasi secara jelas serta ramah tanpa membedakan siapa tamu yang datang," katanya.

Meiliana mengakui saat ini seluruh OPD ataupun instansi pemerintah memiliki petugas front office terutama instansi yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Namun lanjutnya, masih aedikit dari petugas itu yang memahami prilakunya saat bertugas dan melayani masyarakat yang datang atau masih bersikap kurang peduli bahkan kasar ketika melayani masyarakat.

"Kita masih jauh tertinggal dengan cara pelayanan front office di perbankan, hotel maupun perusahaan jasa lainnya. Padahal kita selaku abdi negara sekaligus abdi masyarakat wajib bekerja dan melayani sepenuh hati," tegas Meiliana.

Dia berharap melalui bimtek ini akan terjadi perubahan terhadap sikap dan prilaku pegawai Disdukcapil khususnya petugas front office yang berhadapan langsung dengan masyarakat.

Bimtek dilaksanakan selama tiga hari (19-21 Oktober) diikuti 45 petugas/pegawai Disdukcapil kabupaten dan kota.

Hadir Kepala Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim Hj Halda Arsyad dengan narasumber widyaiswara BPSDM Kaltim serta Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri. (yans/sul/ri/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation