Meiliana : Ramadan Pelayanan Publik Tetap Jalan

Meiliana

SAMARINDA - Pj Setdaprov Kaltim Dr Hj Meiliana   menegaskan memasuki  bulan suci  Ramadan 1439 Hijriah, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Kaltim  maupun di kabupaten kota harus tetap memberikan  pelayanan kepada masyarakat.

Walaupun ketentuan  jam kerja selama Ramadan, Senin sampai Kamis pukul 08.00-15.30 Wita dan pada Jumat pukul 08.00-11.00 Wita, semua  harus tetap memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. "Sebagai abdi negara dan abdi masyarakat  setiap ASN  wajib memberikan pelayanan dengan baik. Setiap ASN  harus memahami benar, apa tugas dan fungsinya,  yaitu melayani, bukan minta dilayani," kata Meiliana akhir pekan lalu. 

Peningkatan kualitas pelayanan publik, menurut Meiliana  sangat penting sebagai ujung tombak dari keseluruhan  reformasi administrasi pemerintahan. Hal itu dikarenakan masih ada  pengaduan, keluhan dan ketidakpuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan publik, sehingga perlu ditingkatkan.

Menurutnya, berbagai regulasi telah diterbitkan. Begitu pula dengan pendekatan metode dan instrumen untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik telah dikembangkan dan digunakan. Oleh karena itu ASN tidak boleh beralasan karena melaksanakan ibadah puasa lalu pelayanan kepada masyaraakat  tidak maksimal. Hal itu tidak boleh terjadi. 

"Justru momentum bulan suci Ramadan identik dengan bulan penuh berkah dan dimanfaatkan umat Islam untuk meraih pahala berlimpah. Bukan sebaliknya.  Karena Ramadan memberi banyak hikmah sekaligus sebagai pendorong meningkatnya kadar keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT," paparnya.  

Ditambahkan, melalui  budaya kerja OPD  di lingkungan Pemprov Kaltim, diharapkan bisa menjadi momentum dalam rangka peneguhan komitmen bersama untuk melakukan perubahan-perubahan dan perbaikan di segala bidang khususnya dalam peningkatann pelayanan kepada masyarakat. 

"Momentum Ramadan harus jadi  pemicu untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat  karena apa yang kita lakukan  itu tentunya diharapkan menjadi  nilai ibadah yang nantinya menjadi bekal kita di akhirat nanti," kata Meiliana. (mar/sul/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation