Kalimantan Timur
Memajukan Kepulauan dan Pesisir .

Foto : Yuvita Indrasari

Daya Tarik Kaltim sebagai ibu kota negara (IKN) laksana magnet yang tak pernah pudar. Rentetan acara sekelas nasional pun menjadi langganan di Benua Etam ini. 

.

Setelah akhir Februari lalu dilaksanakan acara Rakernis Sahlikada, kembali pada 10-12 Maret ini digelar Workshop Nasional, Sosialisasi RUU Daerah Kepulauan, Kunjungan Kerja Ibu Kota Negara (IKN) dan Deklarasi Asosiasi DPRD Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia. 

.

Acara yang digagas oleh Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo) ini digelar di Ballroom Platinum Hotel dan Convention Hall Balikpapan. 

.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur memberi dukungan kegiatan tersebut demi kemajuan Kaltim terutama di wilayah kepulauan dan pesisir. 

.

Acara dibuka Plt Direktur Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan Aryo Hanggono. 

.

"Selama ini betul sekali, Bapak Presiden menyampaikan bahwa kita banyak membumbungi lautan. Bahwa laut itu masa depan bangsa. Dua pertiga RI adalah lautan dan di sana tersedia plasma nutfah dan sumber daya protein," tutur Aryo.  

.

Bupati Penajam Paser Utara sekaligus Ketua Umum Aspeksindo Abdul Gafur Mas'ud mengatakan Aspeksindo dibentuk untuk menangani permasalahan pemerintah daerah yang berada di kepulauan dan pesisir. Karena daerah tersebut dinilai memiliki banyak potensi yang dapat dimanfaatkan pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Contohnya potensi wisata dan perikanan. 

.

"Teman-teman dari Sabang sampai Merauke sudah berkumpul untuk membahas bagaimana ke depan tentang  kepulauan dan pesisir. Ini merupakan dukungan penuh untuk masyarakat di kepulauan dan pesisir," tutur Gafur.  

.

Hadir Bupati Nias (Sekretaris Jenderal Aspeksindo) Sokhiatulo Laoli, Bupati Sitaro (Bendahara Umum Aspeksindo) Evangelian Sasingen, Ketua Dewan Penasehat Menteri Kelautan dan Perikanan selaku Ketua Dewan Pakar Aspeksindo Rokhmin Dahuri, dan Direktur Eksekutif Andi Fajar Asti.(yuv/her/yans/humasprovkaltim)

.

Berita Terkait