Menakertrans Beri Semangat Tenaga Magang

 

KARIANGAU - Menteri Tenaga Kerja (Menaker) RI M Hanif Dhakiri berkunjung ke Kaltim, guna melihat kondisi anak-anak lulusan SMK asal Kaltim yang magang di sejumlah perusahaan maupun menjalani pelatihan di Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) di Samarinda dan Balikpapan.

 

Di Balikpapan Hanif Dhakiri menyempatkan berkunjung ke perusahaan PT Eka Dharma Jaya Sakti di jalan poros Pelabuhan Terminal Petikemas (PTK) Kariangau. "Menteri hanya mengecek anak-anak yang lagi magang di sini. Bagaimana proses pemagangan dilakukan, apakah sesuai dengan peraturan menteri yang sudah dibuat dan bagaimana manfaatnya untuk anak-anak itu," kata Kepala Disnakertrans Kaltim Fatul Halim saat mendampingi Menakertrans M Hanif Dhakiri di Kariangau, Kamis (7/9).

 

Fatul mengatakan, Menakertrans merasa puas karena anak juga merasa senang dan puas dengan pemagangan yang berlangsung terus berjalan. Bahkan menteri juga memberikan motivasi agar anak-anak tetap semangat dan terus belajar. Sehingga menjadi tenaga SDM berkualitas di daerah.

 

Menakertrans Hanif Dhakiri program pemagangan memang menjadi prioritas di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi maupun Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) saat ini. Selanjutnya, mendukung kompetensi anak-anak magang di Indonesia khususnya Kaltim diperlukan adanya Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang dibentuk Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

 

"Jika ada sertifikasi tersebut maka setiap perusahaan tidak ragu lagi menerima anak-anak magang maupun yang lulus dari SMK untuk bekerja di berbagai perusahaan di Indonesia. Karena mereka telah memiliki kompetensi yang telah diakui negara. Artinya SDM yang kita siapkan sudah siap terampil dalam pasar bekerja," jelasnya.

 

Karena itu, baik Pemprov maupu  Pemerintah Kabupaten dan Kota dapat berkoordinasi dengan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi dalam mendukung peningkatan kompetensi tersebut melalui pemberian sertifikasi profesi.(jay/sul/ri/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation